BLOG

Sabar sebagai Penolong

Selama ini kita menganggap berusaha adalah satu-satunya penolong ketika kita dalam keterbatasan ekonomi. Seorang penjual barang yang dagangannya sepi, akan bingung bagaimana menafkahi anak dan istri.  Demikian juga seorang pengusaha yang saldonya minus, seorang sarjana yang bingung mencari kerja, ataupun seorang Ibu yang bingung memasukkan anaknya sekolah. Hampir semua menganggap usaha adalah satu-satunya solusi, padahal agama tidak mengajarkan hanya itu. Selain usaha, agama mengajarkan supaya kita sabar menjalaninya.

Dalam sebuah ayat kitab suci disebutkan, “Jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu.” Menurut hemat saya, bukan semata-mata usaha yang membuat seseorang sukses, berhasil dan kaya, namun juga sabar ditambah dengan sholat (doa). Coba bandingkan, seorang tukang bakso yang sabar dan tidak. Seorang tukang bakso yang sabar, akan terus menerus berdagang tanpa kenal lelah. Karena dia yakin Tuhan akan membalas rezeki seseorang sesuai usahanya. Ketika sepi, dia akan koreksi diri, apa rasa baksonya kurang nikmat? Apa kuahnya kurang kental? Atau apa harga baksonya terlalu mahal?

Dia juga akan sabar menghadapi pelanggan dengan kemauan bermacam-macam. Menurut dia dengan lebih banyak mengenal pelanggan, maka kekurangan bakso yang dia miliki akan kian teratasi, berganti dengan keunggulan dibanding bakso yang lainnya.

Berbeda halnya dengan tukang bakso yang tidak sabar dalam berusaha. Sehari dua hari dia masih tahan jika dagangannya sepi. Namun ketika ini terjadi terus-menerus dia akan berganti profesi satu demi satu. Padahal belum tentu profesi yang lain menjanjikan, dan belum tentu dia menguasainya. Akhirnya satu per satu kegagalan pun terjadi, dan dia pun berhenti, enggan untuk berusaha lagi.

Ingatlah usaha dan sabar adalah satu kesatuan. Tidak bisa dipisahkan. Seperti dua sisi mata uang. Jika salah satu sisinya tiada, maka uang tersebut tidaklah laku diperdagangkan. Jadi mulai sekarang jangan hanya mengandalkan usaha semata, tapi juga kesabaran. Sukses juga adalah buah kesabaran.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment