BLOG

Saat Kehabisan Waktu Presentasi

Tidak selamanya presentasi sesuai dengan apa yang kita harapkan. Ada kalanya kita akan berhadapan dengan berbagai problem basic saat presentasi. Salah satunya adalah saat kehabisan waktu presentasi. Hal ini seringkali terjadi pada presenter pemula. Namun tidak menutup kemungkinan juga terjadi pada presenter profesional. Salah satu sebabnya adalah waktu presentasi yang tertunda oleh berbagai hal, seperti protokoler pembukaan acara, pejabat atau orang penting yang belum hadir saat acara seharusnya dimulai, adanya kendala teknis di peralatan presentasi, kurangnya koordinasi panitia, presenter terlambat hadir dan sebagainya.

Saat kehabisan waktu presentasi tentu ada dua hal yang harus kita perhitungkan sebelumnya. Yang pertama adalah bagaimana cara mencegahnya dan yang kedua adalah bagaimana cara mengatasinya saat hal itu benar-benar terjadi.

Oke, kita mulai tips presentasi saat kehabisan waktu presentasi ini dari yang pertama, yaitu bagaimana cara mencegah hal ini terjadi. Yang perlu Anda ingat bahwa, audiens menyukai presentasi yang singkat, padat dan to the point. Sebaliknya, audiens tidak seberapa suka dengan presenter yang bertele-tele dengan durasi yang terlalu panjang. Hal ini cukup menjadi alasan bahwa kita tidak perlu memanjangkan durasi presentasi.

Untuk mencegah saat kehabisan waktu presentasi, ada dua tips yang bisa Anda lakukan:

1- Berlatihlah Lebih Banyak

Berlatih sebelum presentasi adalah hal mutlak yang wajib dilakukan presenter. Dengan berlatih, Anda bisa mengira-ngira berapa durasi presentasi Anda. Dengan mengra-ngira, Anda bisa menyelesaikan presentasi sedikit lebih awal. Ini mencegah Anda kehabisan waktu presentasi. Perlu diingat, menurut riset seringkali durasi presentasi sesungguhnya, lebih sekitar 15 hingga 30 menit. Maka, akhirilah presnetasi Anda saat berlatih maksimal 15 menit sebelum durasi presentasi sesungguhnya.

2- Internalisasikan Materi Anda, Jangan Sekedar Diingat

Tipa kedua adalah internalisasikan materi Anda, jangan sekedar diingat. Internalisasikan artinya membuat Anda presentasi dengan hati, perasaan dan membuat Anda terbawa emosi saat bercerita pada audiens. Dengan internalisasi, urutan presentasi Anda akan terbenam di alam bawah sadar, sehingga mampu diingat jauh lebih lama.

3- Pahami Materi dengan Kata Kunci

Untuk menyampaikan materi, Anda memerlukan kata kunci sebagai alur presentasi sekaligus menghindari lupa atau blank saat presentasi. Kata kunci ini merupakan dasar materi presentasi Anda. Misal, dalam Workshop Infografis Amazing Slide Infographic, saya menyampaikan 3 kata kunci untuk membuat infografis, yaitu simpel, harmoni dan unik. 3 kata kunci ini mampu menjadi pondasi presentasi. Anda tiggal mengembangkan materi dan contoh presentasi dari kata kunci tersebut. Untuk mengikuti workshop profesional infografis ini Anda bisa menghubungi Bu Isti di 0857 3333 0407.

Nah, tips berikutnya adalah apa yang akan Anda lakukan saat kehabisan waktu presentasi gara-gara hal-hal diluar prediksi? Tentu ini butuh spontanitas dan kepala dingin saat menghadapinya. Apa saja tipsnya? Ada tiga hal yang bisa Anda lakukan:

1- Sampaikan Secukupnya.

Jika materi Anda yang seharusnya untuk dua jam hanya tersisa tinggal 30 menit saja, maka Anda tidak perlu menyampaikan semuanya. Dari 3 kata kunci materi presentasi misalnya, Anda cukup menyampaikan satu dan dibahas secara mendalam. Bagaimana dengan 2 kata kunci sisanya? Anda bisa meminta audiens mengirim email jika berkenan mendapat penjelasannya atau Anda bisa meminta panitia untuk mengundang Anda kembali untuk menjelaskan 2 kata kunci berikutnya hehe….

2- Berbicara dengan Sabar

Saya tahu Anda terburu-buru, namun berbicara dengan cepat malah membuat presentasi Anda tidak bisa dipahami audiens dengan jelas. Justru audiens akan merasa Anda terburu-buru karena gugup waktu presentasi Anda tidak cukup. Tetaplah tenang dan sampaikan satu kata kunci materi presentasi saja.

3- Sampaikan Closing dengan Powerful

Bagian penutup presentasi adalah bagian paling krusial. Jika Anda menutup presentasi dengan ala kadarnya, dengan alasan waktu habis, maka audiens tidak akan mendapat kesan saat presentasi Anda. Tetaplah tutup presentasi dengan cool, bila perlu sampaikan quotes yang menohok, ini akan diingat dalam waktu lama, dan audiens tidak akan merasa Anda kehabisan waktu presentasi.

Nah, itulah tips presentasi dari kami, tentang Anda saat kehabisan waktu presentasi. Semoga tips presentasi ini bermanfaat bagi Anda.

Salam Amazing.

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment