BLOG

Rombak Total Slide Anda

Sabtu dan Minggu, 30 dan 31 Mei 2015 kemarin, workshop infografis dan visual marketing (ASM batch 2) digelar di Surabaya. Bertempat di hotel Mercure Darmo, para peserta asyik belajar tentang optimasi data serta bagaimana menampilkannya dalam presentasi maupun dunia maya sebagai bagian dari visual marketing. Tidak sedikit para peserta yang merasa bahwa slide presentasinya selama ini sekedar ditampilkan, sekedar alat bantu dan akhirnya presentasinya mengikuti slide dengan selalu menatap ke layar proyektor. Apalagi sebagian besar para peserta kali ini adalah praktisi pendidikan, mahasiswa S2 maupun dosen. “Rombak total slide Anda”, Itu yang saya tekankan setelah para peserta memahami bahwa slide bukanlah alat bantu, namun bagian dari presentasi.

Amazing Slide MiniMAX batch 2, Mercure Hotel 30 & 31 Mei 2015.

Nah, dalam artikel ini saya akan meneruskan apa yang sempat saya diskusikan dengan salah satu peserta workshop, tentang slide macam apa yang harus dirombak total. Artikel ini akan membahas ciri-cirinya, semoga kita tidak termasuk salah satu orang yang menampilkan presentasi dengan ciri-ciri yang saya sebutkan berikut ini:

1. Slide yang penuh teks.

Jika selama ini slide Anda penuh teks, maka rombak total slide Anda. Di dalam buku Presentation Zen Design, disebut bahwa orang yang presentasi dengan slide penuh teks sebenarnya kurang memahami materi presentasinya. Mengapa demikian? Karena dia tidak mengetahui apa poin penting presentasinya, sehingga dia merasa harus menampilkan semuanya, karena menurutnya semuanya penting. Padahal menurut pakar presentasi dunia yang juga sensei saya, Garr Reynolds, “Jika Anda menampilkan semua di dalam slide dengan alasan semuanya penting, maka tidak ada yang penting dalam presentasi Anda.” Ya, perkataan Garr Reynolds nohok banget.

2. Slide yang tak mengenal harmoni warna.

Jika kita merasa bahwa slide yang kita desain tidak mengenal harmonisasi warna, semisal background hijau dan tulisan merah, atau latar belakang ungu dan tulisan biru, sehingga sakit di mata, maka usul saya rombak total slide Anda. Mengapa? Salah satu hal yang membuat audiens betah dalam memperhatikan presentasi adalah tampilan slide dengan warna harmoni. Nyaman di mata. Meneduhkan. Audiens pasti enggan membaca slide dengan mengernyitkan dahi, apalagi sampai merasa tersiksa karena visualisasi slide yang asal tempel warna. Bahasa kerennya, main tubruk hehe.. Nah, coba periksa lagi slide kita, mudah-mudahan tidak ada yang seperti ini.

3. Slide yang menampilkan terlalu banyak data.

Data memang penting untuk menunjang presentasi, karena data adalah argumentasi tak terbantahkan. Namun demikian jika kita menampilkan data yang sangat banyak, angka yang berderet-deret, hingga sulit terbaca di dalam slide, maka rombak total slide Anda. Memang data penting, namun justru karena penting itulah, maka berikan audiens informasi secukupnya, tak perlu berlebihan. Anda perlu membuat audiens mengangguk karena data Anda keren, bukan menggelengkan kepala karena data Anda tak terbaca.

4. Slide yang tidak punya perbedaan dengan handout.

Yang terakhir adalah slide yang tidak punya perbedaan dengan handout atau modul presentasi. Bahkan yang lebih buruk, handout adalah slide yang di print out. Jika ini yang selama ini terjadi, maka rombak total slide Anda. Mengapa? Audiens hadir karena ingin mendengarkan presentasi Anda, bukan karena ingin membaca handout. Jika tidak ada beda antara handout dan slide maupun presentasi Anda, maka mohon maaf sebaiknya audiens cukup diberi handout saja, tanpa perlu presentasi dari kita, karena toh isinya sama saja hehe…

Nah, itulah 4 ciri slide yang harus dirombak total, sehingga presentasi kita lebih tajam dan mengena.

Wah… Pak Dhony, saya ga punya waktu untuk merombal total slide, apalagi belajar desain slide di tengah kesibukan kerja atau belajar. Mana ada event dimana saya bisa belajar dan merombak total slide presentasi saya sekaligus? Eiit, jangan salah, ada event seperti ini. Amazing Slide Presentation batch 23 tanggal 6 dan 7 Juni 2015 besok adalah event dimana Anda bisa belajar desain slide profesional, sekaligus merombak total materi presentasi Anda. Jam 9 pagi sampai 16 sore, Anda akan belajar desain slide di forum resmi. Sedangkan mulai jam 18 malam, akan ada sharing session sekaligus evaluasi slide presentasi Anda.

Bagaimana dengan penginapan? Jangan kuatir, event ini termasuk menginap di Amaris Hotel Tendean Jakarta, tempat acara sekaligus sharing session Amazing Slide. So, silakan bergabung segera. Ini adalah event publik terakhir Kreasi Presentasi sebelum Ramadhan 2015. Segera hubungi Bu Isti di 0857 3333 0407 atau WA 08123 576 3366.

Salam Amazing.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , , ,

Post a comment