BLOG

Renungan dari Sel Bawang Merah

Ketika Anda duduk di bangku SMP atau SMA, pernahkah Anda melihat preparat sel bawang merah di bawah mikroskop?

Sel bawang merah memang tampak sangat sederhana, namun sebenarnya sel bawang merah sangatlah kompleks.

Dinding sel bawang merah dan sel-sel tumbuhan yang lain, sangatlah rapat. Tersusun dari lapisan lipid (lemak) dan lipoprotein yang sangat teratur. Hanya zat tertentu saja yang bisa keluar masuk sel dengan mudah, seperti air dan ion-ion mineral (K, Cl dan Ca) sedangkan zat-zat lain harus melewati screening dinding sel yang sangat ketat.

Sel bawang merah dan sel-sel tumbuhan yang lain, berisi cairan (plasma sel) dan organel-organel sel berukuran mikrometer yang saling bekerja sama. Plasma sel selalu dalam kondisi suhu dan pH yang sama. Meski banyak zat keluar masuk sel. Sedangkan organel-organel sel menjalankan fungsinya masing-masing, secara otomatis. Seperti vakuola yang bertugas menyimpan hasil metabolisme sel. Mitokondria yang berfungsi sebagai pembangkit sel. Dan kloroplas sebagai tempat fotosintesis. Masih banyak organel yang lain. Dan jumlah mereka bukan hanya puluhan, mungkin ratusan atau bahkan ribuan.

Ketika sel melakukan reproduksi (membelah). Kerja organel-organel yang ada tidak terganggu. Bahkan sel bisa mengkopi dengan sempurna tiap-tiap bagian dan organelnya untuk digandakan. Tak ada kesalahan sedikitpun. Sebuah kesempurnaan dari satu sel yang tampak sederhana.

Dan ingatlah, ukuran sel tersebut sangatlah kecil. Tidak mampu kita amati dengan mata telanjang. Sangat mustahil bagi manusia atau makhluk hidup yang lain untuk mencoba membuat tiruan sel yang sempurna.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , ,

  • tuaffi

    waahh.. ternyata dri bawang merah, kita dapat mengerti banyak hal yyahhh. 🙂

    Reply
  • kausar

    eem seharus nya yang di gunakan itu pakai apa ?

    Reply

Post a comment