BLOG

Referensi Infografis Terbaik

Era data yang epat dan informatif saat ini membuat kita berupaya untuk mampu menyajikan data dengan lebih visual dan menarik. Salah satu metode penyajian data terbaik adalah infografis, mencoba menampilkan tabel, grafik ataupun diagram secara visual sehingga mudah dipahami oleh siapapun yang melihatnya. Selain itu, keberadaan infografis membantu setiap orang untuk mampu mempelajari informasi dengan cepat, to the point dan efektif.

Nah, untuk membuat infografis yang baik, Anda tentu memerlukan referensi infografis terbaik, berupa website sumber data, website infografis, lembaga yang ahli di bidang ini hingga buku infografis sebagai bahan bacaan untuk Anda. Berikut akan saya sertakan sejumlah referensi infografis terbaik untuk memperkaya khazanah Anda tentang infografis:

WEBSITE LEMBAGA DATA & INFOGRAFIS

Untuk website, yang saya bahas disini bukan tools untuk membuat infografis online karena sudah pernah saya bahas di tulisan saya sebelumnya (klik disini), akan tetapi website yang saya tunjukkan ini adalah sumber data yang bisa dipercaya untuk infografis Anda.

1- Our World In Data

Adalah publikasi website milik Max Roser, ahli ekonomi dari Universitas Oxford di Inggris. Website ini menyediakan data yang cukup lengkap dari berbagai belahan dunia. Seperti kemiskinan, kesehatan, pendidikan, media hingga teknologi. Anda bisa berkunjung ke website-nya dengan mengklik gambar berikut:

2- GapMinder

Didirikan oleh Hans Rosling seorang ahli statistik asal Swedia di tahun 2005, Gapminder adalah lembaga independen yang mengumpulkan data tentang kesejahteraan penduduk di seluruh dunia dengan visualisasi dan animasi memukau. Anda bahkan bisa mendownload software serta berbagai presentasi penyajian data secara gratis disini. Klik saja gambar berikut untuk menuju website Gapminder.

3- Statista

Statista adalah salah satu perusahaan statistik terbesar di dunia dengan 250 ahli statistik, ahli database, analis dan editor. Statista memiliki lebih dari 1 juta user. Didirikan di Jerman tahun 2008, statista sekarang memiliki kantor perwakilan di Amerika hingga Asia. Data yang mereka sajikan pun berlimpah, mulai dari perkembangan sebuah perusahaan seperti Apple atau Coca Cola Company, hingga statistik pemilu di beberapa negara dan perkembangan teknologi di berbagai belahan dunia. Silakan klik gambar berikut untuk mengakses website Statista.

BUKU INFOGRAFIS LUAR dan DALAM NEGERI

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment