Referensi Infografis Terbaik

Era data yang epat dan informatif saat ini membuat kita berupaya untuk mampu menyajikan data dengan lebih visual dan menarik. Salah satu metode penyajian data terbaik adalah infografis, mencoba menampilkan tabel, grafik ataupun diagram secara visual sehingga mudah dipahami oleh siapapun yang melihatnya. Selain itu, keberadaan infografis membantu setiap orang untuk mampu mempelajari informasi dengan cepat, to the point dan efektif.

Nah, untuk membuat infografis yang baik, Anda tentu memerlukan referensi infografis terbaik, berupa website sumber data, website infografis, lembaga yang ahli di bidang ini hingga buku infografis sebagai bahan bacaan untuk Anda. Berikut akan saya sertakan sejumlah referensi infografis terbaik untuk memperkaya khazanah Anda tentang infografis:

WEBSITE LEMBAGA DATA & INFOGRAFIS

Untuk website, yang saya bahas disini bukan tools untuk membuat infografis online karena sudah pernah saya bahas di tulisan saya sebelumnya (klik disini), akan tetapi website yang saya tunjukkan ini adalah sumber data yang bisa dipercaya untuk infografis Anda.

1- Our World In Data

Adalah publikasi website milik Max Roser, ahli ekonomi dari Universitas Oxford di Inggris. Website ini menyediakan data yang cukup lengkap dari berbagai belahan dunia. Seperti kemiskinan, kesehatan, pendidikan, media hingga teknologi. Anda bisa berkunjung ke website-nya dengan mengklik gambar berikut:

2- GapMinder

Didirikan oleh Hans Rosling seorang ahli statistik asal Swedia di tahun 2005, Gapminder adalah lembaga independen yang mengumpulkan data tentang kesejahteraan penduduk di seluruh dunia dengan visualisasi dan animasi memukau. Anda bahkan bisa mendownload software serta berbagai presentasi penyajian data secara gratis disini. Klik saja gambar berikut untuk menuju website Gapminder.

3- Statista

Statista adalah salah satu perusahaan statistik terbesar di dunia dengan 250 ahli statistik, ahli database, analis dan editor. Statista memiliki lebih dari 1 juta user. Didirikan di Jerman tahun 2008, statista sekarang memiliki kantor perwakilan di Amerika hingga Asia. Data yang mereka sajikan pun berlimpah, mulai dari perkembangan sebuah perusahaan seperti Apple atau Coca Cola Company, hingga statistik pemilu di beberapa negara dan perkembangan teknologi di berbagai belahan dunia. Silakan klik gambar berikut untuk mengakses website Statista.

BUKU INFOGRAFIS LUAR dan DALAM NEGERI

1- Cool Infographic

Buku ini ditulis oleh Randy Krum, desainer infografis dan pendiri Infonewt perusahaan infografis asal Amerika. Menurut saya, buku ini adalah referensi infografis terbaik di dunia saat ini. Pembahasannya runtut, bahasanya mudah dipahami. Cool Infographic diterbitkan oleh John Wiley & Sons tahun 2014. Di dalamnya Anda akan menemukan lebih dari 100 contoh infografis lengkap dengan teknik pembuatannya.

2- Storytelling With Data

Jarang-jarang kita menemukan referensi infografis yang penulisnya adalah wanita. Storytelling With Data, sebuah buku yang ditulis oleh Cole Nussbaumer Knaflic, seorang ahli matematika dan analis data di Google. Dalam buku ini Anda akan mendapatkan informasi tentang bagaimana visualisasi data dengan software statistik dan excel dengan mudah karena buku ini berisi dasar-dasar pengolahan data dan teknik visualisasinya.

3- Amazing Slide Infographic

Inilah referensi infografis pertama di Indonesia, yang menyajikan visualisasi data melalui software Powerpoint. Amazing Slide Infographic diterbitkan oleh Slid-ex (2017), dan berisi teknik membuat infografis yang bisa diaplikasikan dengan mudah oleh siapapun. Buku ini saya tulis berdasar ilmu yang saya peroleh dari sertifikasi infographic design di Singapura dan ratusan workshop infografis yang sudah dilakukan di berbagai perusahaan dan Kementerian Negara. Anda pun bisa memesan buku ini mulai sekarang dengan mengisi form berikut (klik link ini) atau menghubungi Mbak Ayu di 08123 271 6030. Dapatkan diskon khusus selama Pre Order hingga 1 Juli 2017.

4- Infographic: The Power of Visual Storytelling

Buku ini ditulis oleh tiga orang, yaitu Jason Lankow, Joss Ritchie dan Ross Crooks di tahun 2013. hampir sama dengan buku sebelumnya, buku ini berisi bagaimana teknik menampilkan data sebagai sebuah cerita, bukan sekedar ditunjukkan, tapi juga diceritakan. Kelebihan buku ini adalah menampilkan teknik supaya visualisasi data kita mampu mengangkat nama produk dan menaikkan jumlah penjualannya secara signifikan.

Nah, itulah sejumlah referensi infografis terbaik yang bisa saya rangkum untuk Anda. Semoga bermanfaat.

Salam Amazing.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ISI DULU YA * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.