BLOG

Puasa dan Kesuksesan

Di bulan Ramadhan, umat Islam diwajibkan menjalankan ibadah puasa. Sebuah ibadah yang tampaknya sederhana, namun sarat makna. Bukan hanya menahan lapar dan dahaga, namun puasa juga mewajibkan tiap individu untuk menjaga seluruh tubuhnya dari perbuatan negatif.

Benar kata Nabi Muhammad, andaikan semua manusia mengetahui manfaat bulan puasa, maka manusia akan berharap seluruh bulan dalam satu tahun adalah bulan Ramadhan. Andai saja setiap manusia menjaga perilakunya seperti di bulan puasa, maka kejahatan akan makin menurun, korupsi akan menukik tajam dan pornografi akan jadi sampah abadi.

Puasa adalah sebuah proses perjuangan. Jalan penuh liku yang menghantar manusia ke depan gerbang kemenangan. Manusia harus mampu menundukkan egoismenya, kesombongannya, dan hawa nafsunya. Untuk meraih kemenangan di bulan puasa tidaklah mudah, saya masih ingat sabda Nabi yang menyebut begitu banyak orang yang berpuasa, tetapi tidak mendapat apapun kecuali lapar dan dahaga.

Demikian pula dengan kesuksesan. Kesuksesan adalah sebuah proses. Semua orang tahu, untuk sukses, jalan yang dilalui tidaklah mudah. Butuh banyak pengorbanan, baik tenaga, waktu maupun ilmu. Kesuksesan tidak menghampiri setiap manusia. Hanya orang-orang terpilih, yang mampu melalui rintangan sajalah yang bisa menuai kesuksesan sebenarnya. Sedangkan yang lain, tidak mampu sampai ke garis finish, ada yang menyerah, ada yang patah semangat. Sebagian besar manusia hanya memperoleh rasa penat dan lelah yang luar biasa ketika mengejar kesuksesan, tanpa hasil apapun.

Lalu bagaimana supaya saya dapat sukses?

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , ,

Post a comment