BLOG

Presenter bukan Bintang Utama

Dulu saya beranggapan bahwa di setiap presentasi, presenter menjadi bintang utama. He is the star. Audiens sebagai penonton akan fokus melihat, mendengar dan menikmati penampilan presenter di hadapan mereka. Akan tetapi mindset saya tentang presenter berubah total, saat membaca buku Resonate karya Nancy Duarte. Dalam buku ini diungkap bahwa sejatinya presenter bukan bintang utama saat presentasi. Lalu siapakah bintang utama dalam presentasi sesungguhnya?

Coba saja kita menganalogikan suasana presentasi ibarat momen pemutaran film yang sedang berlangsung. Dalam sebuah film, selain ada komponen lain, di dalamnya tentu ada seorang sutradara, naskah film dan aktor yang memerankannya. Nah, menurut Nancy Duarte, sang aktor bukanlah presenter, namun audiens. Bintang utama dari sebuah presentasi adalah para penonton. Sedangkan seorang presenter adalah sutradara yang membawa naskah presentasi dan disampaikan pada para aktor. Apa tujuannya?

Naskah presentasi adalah sebuah ide berharga yang bisa mengubah kehidupan para aktor. Naskah tersebut membantu aktor untuk menjalankan perannya dalam kehidupan dengan lebih baik. Bagaimana supaya para aktor mau menjalankan perannya, yakin dengan naskah yang ditawarkan sutradara? Maka presenter sebagai sutradara harus mengolah langkah komunikasi dalam presentasinya sebaik mungkin. Ya, inilah jawaban bahwa presenter bukan bintang utama dalam presentasi.

Bila Anda memahami tugas seorang presenter adalah membawa naskah ide, maka tentu Anda akan mengerti bahwa keberadaan naskah ini diperlukan oleh audiens yang bertindak sebagai aktor dalam kehidupan mereka masing-masing. Jika Anda merasa naskah itu sangat penting, mampu mengubah kehidupan seseorang menjadi lebih baik, bisa membuat orang lain terinspirasi, ataupun dapat membuka cakrawala setiap orang yang meyakininya, maka sampaikan naskah ide itu dengan cara terbaik, presentasi terbaik. Oleh karena itu, kami pun berusaha memberi yang terbaik kepada Anda yang mengikuti workshop Amazing Slide Presentation, karena kami mengerti presentasi Anda sangat berpengaruh pada hidup Anda dan orang lain.

Berlatihlah dengan sungguh-sungguh, sempurnakan materi, media dan teknik presentasi Anda. Buatlah momen presentasi sebagai waktu terindah dalam hidup Anda, karena di saat itulah sejatinya Anda sedang mengubah hidup orang lain, termasuk kehidupan Anda sendiri.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , ,

  • Dadi

    Baru sadar juga saya. Terima kasih sharingnya sensei. Siap merubah mindset untuk presentasi-presentasi berikutnya.

    Reply

Post a comment