BLOG

Presentasi Visual dan Verbal

Putra saya Isam Naoki mencontohkan saya sebuah presentasi sederhana. Presentasi singkat yang memikat. Meski usianya baru 5 tahun dia memahami cara presentasi visual dan verbal yang benar. Siang itu Naoki mendengar bunyi pesawat yang melintas di langit rumah kami. Dia pun segera bangkit dari ruang tamu, sambil membawa mainan kesayangannya keluar rumah dia pun menunjuk angkasa dan mengatakan, “Pesawat… Abi… itu pesawat. Besar ya Bi….“. Tanpa sadar saya pun mengikuti gerakan tangan Naoki, sambil melihat ke atas saya mengatakan.. “Iya.. besar ya…”.

Hehe… mungkin Anda bingung apa maksud saya mengatakan bahwa Isam Naoki memberikan presentasi visual dan verbal yang benar. Supaya Anda tidak bertanya-tanya apa maksudnya. Saya akan menjelaskannya. Begini… Dalam buku Blah.. blah.. blah.. Dan Roam, salah satu pembicara terbaik dunia mengatakan bahwa, presentasi itu sebenarnya mudah. Tugas presenter adalah menjelaskan ide yang dia bawa sehingga audiens memahami maksudnya, akibatnya audiens membenarkan apa-apa yang dikatakan oleh presenter. Penjelasan presentasi adalah dengan memadukan visual (penglihatan) dan verbal (perkataan) yang sesuai dan mudah dimengerti.

Lalu mengapa selama ini ada yang mengatakan bahwa presentasi itu tidak mudah? Problemnya ada pada diri presenter. Jika ingin didetailkan, problem sulitnya presentasi itu ada 2:

1- Presenter tidak yakin bahwa idenya benar. Sehingga kesulitan untuk menjelaskan pada audiens, baik secara visual maupun verbal.

Jika dari awal sebagai presenter kita tidak yakin materi presentasi kita sendiri, maka hal ini akan jadi bumerang yang mempertaruhkan kepercayaan diri. Kurang yakinnya presenter terhadap materinya akan berakibat pada kegugupan, cara bicara yang tidak konstan, hingga blank saat presentasi. Oleh karena itu usahakan kita memakai materi kita sendiri. Jangan copas dari materi orang lain. Plus, berlatihlah sebelum presentasi, karena dengan berlatih kepercayaan diri akan kian bertambah.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment