BLOG

Presentasi seperti Pembicara TED

TED merupakan sebuah lemaga nirlaba yang berusaha menyebarkan ide segar ke seluruh penjuru dunia. Di website-nya kita bisa melihat ribuan presentasi terbaik dunia, para pembicara ternama hingga materi presentasi unik dan menginspirasi yang tak terpikirkan sebelumnya. Semuanya dalam durasi kurang dari 20 menit. Ya, waktu yang sangat singkat untuk mencoba meyakinkan orang lain tentang ide yang kita bawa. Dan inilah yang menjadi bukti bahwa pembicara TED adalah orang-orang pilihan. Saya pun pernah mengikuti forum TEDx Kyoto di tahun 2014. Sebuah forum yang sangat menakjubkan.

Oleh karena itu, dalam artikel ini saya akan sharing tentang bagaimana tips menyampaikan presentasi seperti pembicara TED. Artikel yang saya tulis ini merupakan rangkuman dari pengalaman saya dan tulisan Carmine Gallo, penulis buku “Talk Like TED”. Nah, apa saja tips presentasi seperti pembicara TED? Berikut ringkasannya:

1- Bicara dengan Antusias

Kita selalu melihat presentasi-presentasi terbaik diberikan dengan antusias oleh pembicaranya. Kita tidak akan mampu menginspirasi orang jika kita sendiri merasa tidak terinspirasi. Kita tak akan mampu menyemangati orang lain, kalau kita sendiri tidak semangat. Berikut, adalah presentasi singkat oleh Matt Cutts, hanya 3 menit, tentang bagaimana kita bisa mengubah hidup hanya dalam 30 hari dengan mencoba hal baru yang menantang.

2- Berlatihlah Berulang Kali

Jika kita ingin benar-benar menyampaikan presentasi seperti pembicara TED, maka jangan ragu untuk berlatih berulang kali. Saya pun selalu berlatih di tiap presentasi Amazing Slide, walaupun saya sudah pernah mempresentasikannya berulang kali. Ini untuk mengingat kembali sekaligus memantapkan alur materi, baik pembuka, penutup, hingga jokes dan ice breakingnya. Sebagai contoh, presentasi TED dari Dr. Jill Bolte-Taylor, tentang stroke telah dilihat lebih dari 23 juta kali. Dia mengatakan bahwa dirinya berlatih lebih dari 200 kali sebelum presentasi. Waow… Pantas, dalam presentasi tersebut, Dr Jill benar-benar menginternalisasi materinya, hingga membawa organ otak manusia ke atas panggung TED.

3- Sampaikan Kata Kunci

Supaya presentasi Anda tidak keluar jalur, maka Anda memerlukan pedoman. Ibarat peta, ada titik awal dan titik akhir, ada pula checkpoint yang harus dilewati untuk sampai ke tujuan akhir. Nah, kata kunci dalam presentasi ibarat checkpoint yang memastikan Anda stay on the right track. Susun kata kunci untuk presentasi Anda. Guru saya Pak Jamil Azzaini dalam presentasi ON menyebut ada 4 langkah supaya terus bertumbuh yaitu, Vission, Passion, Action, dan Collaboration.

Misal dalam presentasi workshop Amazing Slide Infographic, saya memberikan 3 kata kunci cara menyusun infografis yaitu: Simpel, Harmoni dan Unik. Ini memudahkan saya dalam menginternalisasi materi. Oya.. untuk lebih jelasnya, Anda bisa baca Buku Amazing Slide Infographic yang bisa dipesan dengan klik gambar berikut:

4- Berikan Audiens Sesuatu yang Baru

Otak manusia suka sesuatu yang baru, sesuatu yang indah, unik, tidak biasa, menggembirakan adalah hal-hal yang merangsang kita untuk terus belajar. Sebagai contoh, berikut adalah presentasi TED dari Richard st John yang menyampaikan 8 tips sukses dari sisi yang berbeda setelah 7 tahun penelitiannya yang disampaikan hanya dalam 3 menit.

5- Visual > Teks

Dalam setiap presentasinya, hampir semua para pembicara TED memanjakan audiens dengan visual yang mengagumkan. Baik melalui Keynote maupun Powerpoint, salah satu contohnya adalah presentasi guru saya Garr Reynolds di TEDx 2014 tentang storytelling. Berikut presentasinya singkatnya:

Untuk visualisasi materi presentasi, saya dan tim Kreasi Presentasi pun juga siap mendampingi Anda untuk menyusun materi presentasi seperti pembicara TED melalui workshop slide profesional Amazing Slide Presentation, maupun workshop Infografis Amazing Slide Infographic. Silakan hubungi Bu Isti 0857 3333 0407 untuk penawaran istimewa.

6- Berikan “Wow” Momen

Tips terakhir untuk presentasi seperti pembicara TED adalah dengan Wow momen. Wow momen berarti sebuah sesi dalam presentasi Anda yang sangat menggugah emosi audiens, entah itu gembira maupun sedih. Contoh, berikut adalah presentasi Takaharu Tezuka tentang arsitek TK di Jepang yang juga saya hadiri di Kyoto.

Nah, itulah 6 tipe presentasi seperti pembicara TED yang saya rangkumkan untuk Anda sekaligus contoh video presentasinya. Moga bermanfaat.

Salam Amazing.

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment