BLOG

Presentasi Pecha Kucha

Jika Anda kesulitan menentukan apakah ide presentasi Anda sederhana dan mampu diterima audiens atau tidak, saya merekomendasikan Anda melakukan presentasi pecha kucha. Apa itu pecha kucha? Presentasi pecha kucha adalah metode presentasi yang dikembangkan di Tokyo pada tahun 2003. Presentasi ini menampilkan 20 slide masing-masing dalam 20 detik, diputar otomatis, tak berhenti. Sehingga memiliki total durasi presentasi 400 detik atau 6 menit 40 detik. Sangat singkat.

Presentasi pecha kucha yang tampak sederhana ini ternyata mampu menjadi point of interest dari sebuah performa. Presenter harus menjelaskan ide dengan cepat namun mampu dipahami dengan baik oleh audiens. Saya ingat salah satu perkataan dari Garr Reynolds pada saya saat di Ikoma, Nara, “About presentation, keep it short.” (Bila presentasi, usahakan durasinya pendek). Sebaik apapun presenter, jika durasi presentasi terlalu panjang, bisa jadi akan membosankan. Oleh karena itu pecha kucha bisa menjadi salah satu alternatif format presentasi yang tidak membosankan.

Selain itu, presentasi pecha kucha mampu menjadi solusi untuk membuktikan bahwa materi Anda cukup sederhana. Kita paham bahwa audiens perlu materi presentasi yang ringan, sederhana dan menginspirasi. Siapapun pasti menjauhi presentasi yang terkesan berat dan sulit dicerna.

Nah, pecha kucha bisa merangkum materi yang panjang dan berat, menjadi singkat dan padat. Meski demikian, menyederhanakan materi yang panjang dan membatasinya hanya dalam 20 slide saja bukan hal sepele. Butuh kepiawaian presenter dalam mereduksi materinya. Nah, ini bisa diterapkan jika Anda ingin mengetes konten kesederhanaan presentasi Anda.

Saat ini presentasi pecha kucha telah ditampilkan di lebih 700 kota di dunia. Event-nya disebut dengan Pecha Kucha Night. Mulai dari Asia hingga Eropa. Ide yang sederhana ini pun bisa mendunia, karena ide ini mampu membantu banyak orang untuk terinspirasi dan banyak presenter untuk lebih smart mengemas materi. Saya pun telah mencoba menyederhanakan materi Amazing Slide Presentation dengan metode ini, sehingga sederhana dan mudah dicerna audiens, Inilah salah satu rahasia kenapa workshop Amazing Slide bisa sukses hingga ke luar negeri. Maka, jika Anda ingin membuktikan presentasi Anda sederhana dan memukau, cobalah pecha kucha.

Salam Amazing.

Post a comment