Presentasi itu Menyenangkan

Presentasi itu menyenangkan, Dan Roam menyatakan hal ini di dalam buku “Show and Tell“, meski tidak sedikit yang menyebut presentasi itu menakutkan, berbicara di depan umum itu bikin grogi, atau saya kuatir tidak bagus saat presentasi. Dan Roam menjawabnya dengan sebuah kalimat sederhana, “Hal-hal yang kita impikan seringkali sulit untuk kita lakukan, karena itulah sukses itu tidak gampang.

Ya, saya setuju sukses itu tidak mudah, demikian juga dengan sukses presentasi. Tidak gampang karena banyak hambatan, seperti grogi, kurang siap, tidak pede dan sebagainya. Sebagian besar hambatan presentasi berasal dari dalam diri kita. Padahal ketika presentasi sudah dilakukan, toh kita baik-baik saja, ga kurang suatu apapun. Maka untuk mengatasi hambatan dalam diri, yang pertama kita lakukan adalah mengubah pola pikir diri. Dari sulit menjadi mudah. Dari menakutkan menjadi menyenangkan. Cobalah untuk mengubah pola pikir tentang presentasi dari sudut kita sendiri.

Presentasi itu menyenangkan, karena presentasi adalah komunikasi ide, berbagi gagasan. Bayangkan jika gagasan kita diterima orang dan bisa mengubah hidupnya. Saya beri contoh sederhana. Saat istri saya berpidato tentang keluarga kami di Lomba Pidato tingkat Provinsi Aichi-ken, Jepang, banyak diantara audiens yang menitikkan air mata. Mereka tersadar berharganya arti sebuah keluarga. Bahkan tidak sedikit yang memeluk istri saya dengan hangat dan mengucapkan terima kasih. Presentasi itu menyenangkan, apalagi jika kita mampu mengubah persepsi dan hidup orang lain. Anda bisa menyimak artikel tentang pidato istri saya, disini.

Presentasi itu menyenangkan. Profesi saya berhubungan langsung dengan presentasi. Tepatnya trainer dan slide designer. Dengan presentasi, saya mulai dikenal sebagai pakar slide. Saya menyampaikan ide slide profesional dan infografis ke berbagai perusahaan, dibayar pula. Berdasar pengalaman, presentasi saya adakalanya mudah, adakalanya susah. Namun seiring waktu, saya sadar, presentasi susah bukan karena presentasinya sendiri yang sulit, tapi karena saya kurang persiapan. Saya pun mulai meminimalisir yang susah dengan persiapan yang cukup.

Presentasi itu menyenangkan. Saya sering mendapat email dari peserta pelatihan Amazing Slide, baik Amazing Slide Presentation maupun Amazing Slide MiniMAX. Dia mengucapkan terima kasih karena pelatihan saya sangat membantu profesinya. Banyak audiens yang terpukau. Bahkan atasannya pun mengucapkan selamat atas presentasi yang luar biasa. Saya sangat bahagia membaca email-email ini. Nah, bayangkan jika Anda bisa membantu profesi orang lain, sungguh membahagiakan.

Oleh karena itu, mulai sekarang minimalisir-lah hambatan presentasi dengan mengubah pola pikir diri tentang presentasi. Bayangkan dampak positifnya. Bayangkan jika presentasi Anda mampu mengubah hidup Anda dan orang lain. Lalu berlatih-lah sungguh-sungguh, dan siapkanlah segala perlengkapan presentasi Anda.

Ingat, presentasi itu menyenangkan.

Salam Amazing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ISI DULU YA * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.