BLOG

Presentasi bukan Iklan

Jika Anda sering melakukan presentasi di depan umum, boleh jadi Anda berpikiran bahwa presentasi yang Anda lakukan dalah proses mengiklankan produk Anda. Hal ini tidak sepenuhnya salah, karena kemungkinan ada atasan yang memberikan perintah seperti itu, “Tolong presentasikan produk ini, supaya dikenal customer.”

Lalu mengapa judul artikel saya di atas menyebutkan sebaliknya, bahwa presentasi bukan iklan? Nah, inilah pentingnya sharring ide. Tolong anggap saja, saya saat ini sedang presentasi di hadapan Anda.

Menurut hemat saya, presentasi bukanlah proses mengiklankan sesuatu, namun lebih dari itu. Presentasi adalah proses penyebaran ide, bisa juga produk maupun proyek, sekaligus proses mempersuasi audiens supaya mengiyakan konsep yang kita bawa. Presentasi berbeda dengan iklan. Iklan adalah proses mengenalkan, karena hanya proses mengenalkan iklan hanya perlu diingat. Iklan tidak bersifat mempersuasi, tidak berupaya membujuk, namun sekedar informasi berulang. “Yang Penting Tersampaikan”, itulah prinsip iklan. Karena itulah di media cetak maupun elektronik, kita sering melihat atau mendengar iklan yang sama terus-menerus. Dan memang itulah tujuan iklan, semakin sering disampaikan, semakin diingat, dan membuat orang makin ingin mendekat.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment