BLOG

Pesan Slide dalam 3 Detik

Salah satu ilmu yang saya pelajari dari Garr Reynolds di Jepang dalam desain slide adalah, upayakan audiens mampu menangkap pesan slide dalam 3 detik. Artinya slide harus se-efektif dan se-efisien mungkin mendorong audiens untuk menyimpan pesan dalam memori mereka. Tentu saja, hanya dengan mengkopi paste isi makalah ke dalam slide, tidak akan mampu mewujudkan hal tersebut. Oleh karena itu ilmu desain slide sangat penting untuk memastikan pesan dalam slide tertangkap dalam 3 detik. Bagaimana caranya? Disini saya akan menunjukkan bagaimana slide yang ditampilkan dalam 3 detik dehingga pesan terbaca dan tertangkap sempurna.

DETIK PERTAMA, buat audiens tertarik.

Supaya audiens mau memandang slide Anda dengan antusias, pastikan desain slide Anda dengan menarik. Anda bisa menggunakan bantuan image yang berwarna cerah, orang yang tampan atau cantik, pemandangan alam yang indah dan sebagainya. Dari mata turun ke hati, dari slide masuk ke memori. Berikut adalah contoh slide yang membuat audiens interest, saya menggunakan image sushi yang menggugah selera, sedangkan pesan slide masih saya samarkan.

Tampilan slide powerpoint di detik pertama, make it interesting.

DETIK KEDUA, samarkan variabel selain pesan.

Nancy Duarte menyebutkan, “Jika ada pesan yang sangat penting dalam slide Anda, maka tunjukkan pesannya dan singkirkan variabel pengganggu slide Anda.” Supaya audiens mampu memahami pesan slide dalam 3 detik, samarkan image yang sebelumnya kita gunakan untuk menarik perhatian audiens. Dan mulai kita tampakkan pesan slide-nya, ini contoh slide-nya:

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment