BLOG

Perlengkapan yang Dibutuhkan untuk Meeting Online

Bagi Anda yang bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH), meeting online adalah sebuah kebutuhan. Untuk memperlancar meeting online tersebut, kemungkinan Anda akan membutuhkan berbagai perlengkapan. Nah, perlengkapan yang dibutuhkan untuk meeting online tidak harus mahal, tapi sebaiknya cukup lengkap. Bila perlu Anda wajib menyiapkan checklist perlengkapan ini sebelum meeting online dimulai.

Apa sajakah perlengkapan yang dibutuhkan untuk meeting online tesebut? Berikut saya rangkumkan dari berbagai referensi:

1- Gadget

Gadget yang saya maksudkan disini adalah alat elektronik yang mampu menjalankan software meeting online. Bisa komputer, laptop, tablet maupun smartphone. Tidak perlu mahal, asal mampu menginstall dan menjalankan software tersebut.

2- Software Meeting Online

Perlengkapan yang dibutuhkan untuk meeting online berikutnya adalah software meeting online. Dua software yang saya rekomendasikan adalah Google Hangout Meet dan Zoom. Dua aplikasi tersebut bisa Anda download secara gratis, dan diunduh pula di Playstore. Untuk kelebihan dan kekurangannya, sudah saya ulas di artikel aplikasi meeting online gratis (klik).

3- Headphone & Microphone

Dua alat ini umumnya sudah tersedia secara bersamaan di laptop serta smartphone. Namun untuk membuat meeting online Anda lebih baik, menghindari kebisingan suara luar dan menjadikan suara Anda lebih jelas, headphone dan microphone tambahan seringkali diperlukan. Tidak perlu mahal, sesuai kebutuhan saja. Harga headphone dan microphone pun bervariasi. Mulai puluhan ribu hingga jutaan rupiah.

4- Webcam

Untuk laptop dan smartphone yang biasanya sudah memiliki kamera, webcam umumnya jarang dipakai. Namun untuk komputer personal, yang monitornya tidak terintegrasi dengan kamera, webcam wajib digunakan untuk menunjukkan fisik Anda saat meeting online.

Anda bisa membeli webcam sebagai perlengkapan yang dibutuhkan untuk meeting online. Namun, Anda bisa menghemat budget dengan menggunakan aplikasi di smartphone Anda. Aplikasi DroidCam bisa dipakai untuk menghubungkan smartphone Anda dengan komputer personal sebagai webcam. Anda bisa mendownload aplikasi tersebut disini (klik).

5- Koneksi Internet

Koneksi internet adalah hal mutlak dalam meeting online. Pastikan Anda menyesuaikan kuota internet dengan kebutuhan meeting Anda. Selain kuota, pastiken juga kecepatan koneksi internet Anda stabil untuk melakukan telekonferensi.

6- Bahan dan Slide Presentasi

Bahan meeting adalah catatan berikutnya bagi perlengkapan yang dibutuhkan untuk meeting online. Bahan meeting selain modul atau artikel, Anda juga memerlukan slide presentasi yang siap dishare pada audiens untuk menjelaskan konsep Anda.

Saya dan tim Kreasi Presentasi juga siap membantu Anda dalam menyusun materi pembelajaran online dengan infografis. Anda bisa mengikuti kelas Jadi Expert Mendesain Infografis yang terus kami laksanakan tiap bulan. Silakan menghubungi Mbak Ayu 08123 271 6030 untuk pendaftarannya.

7- Lampu (pencahayaan)

Mungkin terlihat sepele, namun pencahayaan adalah hal yang sangat penting dalam meeting online. Perlu kita tahu, bahwa tidak semua laptop memiliki kamera yang bagus untuk memvisualkan fisik seseorang. Seringkali kamera laptop terlihat gelap dalam pencitraan. Oleh karena itu alangkah lebih baik Anda menambahkan lampu di depan kamera supaya wajah Anda tampak jelas di layar monitor. Tidak perlu mahal, seperti lampu di studio profesional. Yang murah saja. Anda bisa menambahkan lampu USB yang bisa didapatkan di banyak tempat.

8- Alat Tulis & Notes

Terakhir, perlengkapan yang dibutuhkan untuk meeting online adalah alat tulis dan buku catatan. Bila perlu, Anda bisa merekam meeting online Anda sebagai bukti dokumentasi meeting dan mengingat kembali apa-apa yang dibahas dalam meeting tersebut.

Nah, itulah artikel kami tentang perlengkapan yang dibutuhkan untuk meeting online. Semoga bermanfaat bagi Anda.

Salam Amazing.

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment