BLOG

Pentingnya Konten Presentasi

Ahad, 24 Maret 2013, saya mendapat kesempatan bertemu dengan Muhammad Noer, founder Presentasi [dot] net dan Pak Adi (penulis 101 buku) di Midtown Hotel Surabaya. Dalam pertemuan selama kurang lebih satu jam tersebut, banyak hal yang kami sinergikan dan tidak sedikit pula ilmu yang saya dapat dari beliau, salah satunya adalah bagaimana supaya web atau blog kita mendapat banyak kunjungan. Bahasa kerennya internet marketing.

Memarketingkan website atau blog sangat penting, selain untuk memperkenalkan siapa kita, juga untuk melancarkan bisnis yang kita miliki. Dulu saya seringkali nyasar ke sebuah blog yang tidak memiliki konten apapun, namun terbaca oleh mesin pencari (Google) karena di dalamnya terdapat kata yang saya cari. Saya sering jengkel dengan keberadaan web tersebut, karena saya tidak mendapat apapun yang saya inginkan. Saya menyebutnya website abal-abal. Namun sekarang, menurut Pak Muhammad Noer sekarang hal itu jarang terjadi lagi. Mengapa demikian?

Ternyata Google makin smart dalam mencari sebuah kata kunci. Selain mengakumulasi keberadaan kata kunci dalam sebuah website, Google juga menggunakan “page rank” atau ranking halaman. Halaman-halaman website yang dikunjungi kurang dari 5 detik, akan jeblok ratingnya. Karena pengguna internet dianggap Google “nyasar” ke website tersebut. Selain itu Google juga menghitung lamanya pengguna internet memantau halaman tersebut. Jika diakumulasikan maka akan ditemukan halaman yang benar-benar dicari oleh pengguna internet.

Inilah pentingnya sebuah konten dalam website. Isi website yang bermutu, berkualitas, sering diupdate akan mudah terlacak oleh Google. Karena selain banyak memiliki kata kunci, pengguna internet betah berlama-lama untuk stay di website tersebut.

Demikian pula dengan presentasi. Sama seperti Google, audiens presentasi saat ini makin pintar dan pandai memilih. Konten presentasi sangatlah penting untuk membuat audiens betah berlama-lama dengan Anda. Mereka akan mendengarkan presentasi Anda karena konten presentasi Anda memukau. Sebaliknya konten presentasi yang stagnan akan membuat audiens jenuh dan penat. Hal ini menjadikan pesan yang ingin Anda sampaikan tidak mencapai sasaran.

Sepanjang apapun gelar pendidikan Anda, sekeren apapun tampilan Anda, sebening apapun wajah Anda, ketika konten presentasi Anda abal-abal (sama seperti paparan website di atas), tentu menjemukan dan tak mampu menginspirasi orang lain. Karena itulah, selain membuat alur presentasi, mendesain slide presentasi, dan menuangkannya dalam konten presentasi, berlatih itu sangat penting untuk memuluskan presentasi Anda.

Maka tak heran, berkat update seach engine yang kompeten, saat ini di halaman satu Google, website-website yang di list memiliki konten yang sesuai dengan pengguna internet. Demikian pula dengan Anda, jika ingin tampil sebagai nomor satu maka selalu update konten presentasi Anda dengan berlatih dan berlatih.

Salam pemenang kehidupan.

back fb april amazing

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment