BLOG

Penentu Presentasi Memukau

Bagi sebagian orang teknik presentasi yang memukau merupakan penentu keberhasilan presentasi. Jika seseorang mampu memberi humor, bercerita, menyampaikan dengan mendayu hingga audiens terharu dan terhanyut dalam irama cerita, maka dipastikan seorang presenter telah berhasil dalam presentasinya. Hal ini terus berada di dalam benak saya, hingga saya belajar presentasi sesungguhnya dari Garr Reynolds Sensei. Ternyata teknik presentasi seperti story telling adalah sebagian kecil dari penentu presentasi memukau. Lalu apa lagi penentu lainnya?

Menurut Garr Reynolds Sensei presentasi terdiri dari 3 komponen yang tak terpisahkan, yaitu content preparation (materi presentasi), media design (desain media termasuk slide presentasi), dan presentation delivery (teknik presentasi). 3 hal inilah penentu presentasi memukau.

Nah, setiap orang memiliki karakteristik presentasi yang berbeda-beda. Ada orang yang materinya sangat menarik, namun di sisi lain, slide dan teknik presentasinya biasa-biasa saja. Selain itu, ada pula yang teknik presentasinya oke, tapi materi dan medianya tidak istimewa. Setiap orang punya ciri khas. Ini tidak bisa dipaksakan. Jika Anda memaksakan untuk meniru gaya presenter lain, justru Anda tidak jadi diri sendiri.

3 hal di atas bisa dilatih seiring waktu. Materi misalnya, Anda bisa memperbanyak membaca artikel, buku maupun referensi lainnya. Untuk media, saya menyarankan Anda belajar desain slide dengan mengikuti training Amazing Slide Presentation (silakan klik untuk tahu jadwal kami) bersama Pakar Slide dan tim. Sedang untuk teknik presentasi, Anda bisa berlatih dengan praktisi presentasi maupun forum pelatihan public speaking. Artinya, 3 hal di atas bisa di-upgrade, bisa ditambah dan ditingkatkan sesuai keinginan kita.

Saat berada di TEDx Kyoto, Garr Reynolds membuka kembali pikiran saya ketika mempertemukan saya dengan Angus Mcgregor, Direktur Operasional TEDx Kyoto. Beliau mengatakan bahwa setiap pembicara TEDx mungkin punya kekurangan dalam materi, media maupun teknik presentasinya, namun ada hal lain yang membuat mereka terpilih dan berdiri di depan, yaitu ide orisinil yang tertuang dalam karya dan manfaat untuk sesama. Itulah penentu presentasi memukau selanjutnya, komponen yang terkadang tidak tampak, namun sangat berpengaruh. Inilah faktor x yang menjadi biang kehebatan presentasi kita. Jika ide presentasi Anda orisinil dan tidak menjiplak orang lain, tentu presentasi Anda akan berkesan, apalagi jika ide tersebut telah menjadi sebuah karya yang menebar manfaat dimana-mana. Saya yakin, keraguan audiens maupun keminderan Anda sebagai presenter akan terkikis sudah.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment