BLOG

Peka dengan Sesama

Salah satu ciri makhluk hidup adalah peka terhadap rangsang. Atau biasa disebut dengan iritabilitas. Seperti apa contohnya? Pada tumbuhan, contoh yang paling mudah diamati adalah menutupnya daun putri malu saat disentuh. Sedang pada hewan, misalnya seekor semut yang mampu menemukan gula, meski tersimpan di dalam lemari.

Pada tumbuhan, peka terhadap rangsang diakibatkan oleh berubahnya tekanan turgor dalam sel. Sedangkan pada hewan dan manusia, iritabilitas diakibatkan oleh aktivitas sel-sel saraf.

Berbicara tentang sel saraf, maka kita berbicara tentang kecepatan mengirim sinyal aksi-reaksi. Ketika ada bagian tubuh yang sakit, nyeri, gatal ataupun terluka, sel-sel saraf dengan cepat mengirimkan sinyal tersebut ke otak. Sehingga bagian tubuh lain bisa meresponnya.

Jika kaki kita sakit, mulut kita bisa mengatakan, “Aduh.” Bila punggung kita gatal, tangan kita bisa langsung menggaruk. Dan saat ada mara bahaya, kita bisa langsung menghindar.

Ini membuktikan kecepatan sinyal sel saraf yang luar biasa. Di tiap detiknya, kecepatan sel saraf hampir sama dengan kecepatan koneksi jaringan internet di seluruh dunia selama 3 hari berturut-turut. Tentu, teknologi tercanggih manapun tidak dapat menandinginya.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , ,

Post a comment