PeDe Instan saat Presentasi

Gugup saat memulai presentasi? Itu lumrah, siapapun pernah dan bisa mengalaminya. Bagaimana cara mengatasinya? Rekan saya seorang trainer pernah mengatakan, “Ya.. jam terbang akan membuat kita tidak mudah gugup.” Tentu saja. Semakin sering seseorang presentasi, melatih jam terbang di antara audiens yang berbeda, maka dia akan lebih rileks, tidak mudah gugup saat presentasi. PeDe lah istilahnya. Lalu, bagaimana dengan kita yang masih jarang tampil di depan umum? Jam terbang kan butuh waktu lama, padahal bisa saja setiap saat kita diminta untuk presentasi. Gimana caranya supaya bisa PeDe instan saat presentasi? Berikut 4 tips presentasi dari saya.

Untuk bisa PeDe instan saat presentasi ada sejumlah hal yang bisa kita coba. Diantaranya adalah:

  1. Atur napas. Dalam ilmu Biologi yang saya pelajari, kegugupan bisa meningkatkan denyut jantung. Metabolisme tubuh jadi tidak normal. Karena itu meski tidak panas, tidak terik, kita bisa berkeringat. Nah, untuk mengatasi hal ini maka kita harus beraktifitas yang bisa melebihi ritme denyut jantung. Supaya irama kegugupan bisa kita rusak. Bisa dengan lompat-lompat atau lari-lari kecil. Setelah itu atur napas, tarik dalam hitungan empat, tahan dalam hitungan empat, dan lepaskan dalam hitungan empat juga. Perlahan tapi pasti gugup akan lenyap. Dan kita bisa lebih PeDe instan.
  2. Bayangan Motivasi. Ini yang paling sering saya lakukan. Sebelum presentasi saya berdoa pada Tuhan dan kemudian membayangkan orang yang saya cintai, istri saya. Dia berada di antara bangku audiens dan tersenyum pada saya sambil berkata, “Suamiku…, aku bangga padamu. Aku yakin kamu bisa. Berikan audiens yang terbaik. I love u.” Dengan membayangkan istri saya, saya jadi makin PeDe. Anda pun bisa melakukan hal yang sama. Membayangkan orang-orang yang dekat dengan Anda dan memotivasi Anda. Bisa orang tua, saudara dan sebagainya. Ini kiat PeDe instan yang sering saya lakukan.
  3. Atur posisi berdiri Anda. Berdirilah tegak menghadap audiens. Jangan menunduk. Karena bahasa tubuh Anda terlihat jelas di depan audiens. Jika Anda gugup, audiens akan mudah mendeteksinya. Dan sering-seringlah bergerak. Ke kanan dan ke kiri audiens. Jangan tetap terpaku pada posisi yang sama. Dengan ini, tubuh Anda akan lebih rileks dan PeDe.
  4. Kuasai Materi. Dan yang paling penting dari semuanya adalah penguasaan materi presentasi. Ini adalah induk dari segala PeDe instan Anda. Sering-seringlah berlatih. Dengan penguasaan materi yang mumpuni, Anda akan makin yakin dalam menyampaikan presentasi.

Oke, demikian adalah tips presentasi PeDe instan saat presentasi. Semoga bermanfaat bagi Anda. Untuk memperdalam keahlian presentasi, yuk sama-sama sharing dalam seminar dan workshop bersama saya, silakan lihat jadwal saya disini.

Tetap semangat.

Salam Amazing.

2 thoughts on “PeDe Instan saat Presentasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ISI DULU YA * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.