One Day with Safir Senduk

One day with Safir Senduk. 3 September 2015, saya dan istri mengikuti sebuah seminar yang cukup langka di Surabaya. Seminar wira usaha bersama rekan saya Mas Safir Senduk. Kita semua tahu, beliau adalah salah satu perencana keuangan terbaik di Indonesia. Seminar yang diadakan oleh KPP Pajak Sidoarjo Utara ini berlangsung di Empire Palace, Blauran Surabaya dihadiri lebih dari 250 orang peserta.Bagi saya, perencanaan keuangan sangat krusial. Apalagi bagi saya dan istri yang saat ini murni berwirausaha. Sebuah profesi yang sangat penting untuk kami berdua. Mengapa wirausaha sangat penting? Ada 5 alasan yang diungkap Safir Senduk mengapa wirausaha sangat penting khususnya di era persaingan bebas saat ini:

1- Potensi penghasilan wirausaha tidak terbatas.

2- Leluasa dalam memilih bidang yang sesuai.

3- Orang yang berwirausaha memiliki kesempatan belajar banyak hal dari banyak bidang apalagi jika memiliki lebih dari satu usaha.

4- Profesi wirausaha adalah pekerjaan yang terakhir tumbang jika ada krisis keuangan.

5- Profesi wirausaha tidak bergantung pada orang lain.

Lalu jika kita ingin berwirausaha, bidang bisnis apa yang harus kita jalankan? Bagi Safir Senduk, jika ingin menjalankan sebuha usaha, kita harus mempertimbangkan 3 hal, yaitu:

a- Usaha yang berhubungan dengan hobi kita.

b- Usaha yang berhubungan dengan keahlian atau pendidikan yang kita terima.

c- Usaha yang dipilih karena potensi keuntungan yang besar.

Sedangkan untuk tips keuangan dalam berwirausaha, Safir Senduk sangat menyarankan supaya setiap pengusaha memiliki sistem yang menjaga keuangan bidang usaha kita, seperti sistem akuntansi, asuransi dan cashflow yang terus aktif, minimal hingga 3 bulan ke depan. Inilah yang membuat bisnis kita akan terus eksis.

Setelah acara seminar tersebut, saya, istri, Mas Safir Senduk, Mbak Ade (penulis Chicklit ElexMedia), serta Mas Yossy (pakar Saham) menghabiskan siang harinya dengan berdiskusi tentang bidang kami masing-masing dan berusaha untuk saling bersinergi. Saya dan Mas Safir pun juga sempat live di Periscope untuk berdialog tentang desain slide presentasi termasuk buku Amazing Slide Presentation.

One day with Safir Senduk pun harus kita akhiri saat hari menjelang senja dan beliau pun harus segera mempersiapkan diri untuk berangkat ke Tabalong (Kalimantan Selatan) esok harinya.

Terima kasih Mas Safir Senduk, semoga ilmu Anda terus berkah dan bermanfaat bagi banyak orang.

Salam Amazing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ISI DULU YA * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.