BLOG

Nyamuk dan Perjuangan Hidup

Nyamuk merupakan salah satu organisme yang penuh misteri. Cara hidup nyamuk jantan dan nyamuk betinapun berbeda. Nyamuk jantan mendapatkan makanan dari nektar (saripati bunga).  Hal ini karena bagian mulut nyamuk jantan tidak membentuk probosis (semacam jarum) yang bisa menembus kulit manusia.

Berbeda dengan nyamuk betina. Bagi Anda yang setiap hari akrab dengan nyamuk, maka sebenarnya nyamuk yang berada di sekitar Anda dan menghisap darah manusia adalah nyamuk betina. Bukan nyamuk jantan.

Mengapa nyamuk betina perlu menghisap darah manusia? Layaknya manusia, nyamuk betina memerlukan protein untuk perkembangan telurnya. Protein itu tidak bisa diproduksi oleh tubuhnya. Ketika menempel pada kulit manusia, nyamuk betina akan mengeluarkan zat tertentu untuk mencegah pembekuan darah ketika probosisnya menembus kulit manusia. Bentol-bentol bekas gigitan nyamuk sebenarnya merupakan respon alergi kulit terhadap zat tersebut.

Nyamuk betina terus saja mencoba mencari protein dari darah manusia maupun hewan lain, demi membantu pertumbuhan telur dalam tubuhnya. Meski ancaman kematian selalu ada setiap kali dirinya menghisap darah.

Usaha nyamuk yang luar biasa untuk perjuangan hidup dan kelangsungan jenisnya hendaknya bisa menjadi contoh bagi kita dan kehidupan yang kita jalani. Nyamuk selalu mencari sela di setiap kesempatan yang ada sehingga protein esensial bisa diperoleh. Meski membahayakan hidupnya sendiri.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment