Naik Level

Sewaktu saya masih duduk di bangku SMP, saya masih ingat, guru-guru saya mencetak kertas ujian dengan printer pita yang bunyinya minta ampun kerasnya. Ketika saya memasuki bangku SMA, printer pita mulai tergusur dengan printer tinta. Saat saya kuliah, muncullah laser printer yang menghasilkan hasil print out yang lebih sempurna. Era laser printer pun berubah, saat ini bisnis printing digital mulai menjamur, dan konon esok hari ke depan, 3D printing akan jadi tren terbaru. Itulah zaman, … waktu,…. masa. Selalu berubah. Berubah ke arah yang lebih baik, lebih sempurna dan lebih mudah. Selalu naik level dari satu era ke era berikutnya. Jika kita tidak mengikuti perputaran roda zaman, bersiaplah untuk tergilas di bawahnya.

Contohnya sederhana, coba Anda bayangkan, apa yang terjadi pada bisnis Anda ketika Anda masih mempertahankan printer tinta di era digital printing seperti saat ini. Apa bisnis Anda ramai dan menghasilkan keuntungan? Tentu saja tidak. Kustomer akan memilih printer yang lebih baik dan lebih sempurna. Apalagi kabel plug in printer pita sudah tidak sesuai dengan banyak komputer dan laptop saat ini. Spare part printer pita juga semakin sulit dicari. Akhirnya sebagai pengelola bisnis kita akan kesusahan. Operasional yang besar, tidak diimbangi dengan ketersediaan bahan baku dan peralatan printer yang memadai.  Tidak lama bisnis tersebut akan kolaps dan tutup. Itu contoh sederhana tergilasnya kita oleh zaman jika tetap bertahan dengan status quo dan tidak mau naik level.

Bagi saya, naik level itu wajib bagi siapapun. Entah itu individu maupun sebuah perusahaan. Naik levelnya individu ditandai dengan adanya perubahan. Ke arah positif tentunya. Inilah syarat utama dan pertama untuk naik level, yaitu mau berubah. Keinginan untuk berubah ditandai dengan keterbukaan pikiran, mau menerima hal baru, dan kemudian mempelajarinya, bila perlu, harus menguasainya. Semisal, Anda yang selama ini berkutat dengan presentasi, di tahun 2016 ini sudah ada software presentasi Powerpoint yang terbaru. Karena software ini ada hubungannya dengan profesi Anda, maka Anda harus mau untuk naik level dengan mau mempelajari Powerpoint 2016, mengetahui fiturnya dan kalau perlu, menguasainya.

Wah, harus beli softwarenya dong Pak? Kalau mau naik level, pasti ada sesuatu yang dikorbankan. Entah itu uang untuk membeli software, buku dan CD tutorial.Mengikuti pelatihan Amazing Slide Presentation,  atau mengorbankan waktu untuk mempelajari software terbaru di sela-sela waktu istirahat yang kita miliki. Ini adalah harga yang pantas untuk sebuah proses naik level. Karena toh akhirnya, keahlian presentasi, kemampuan mendesain slide dengan hasil terbaik yang berujung dengan melesatnya karir, toh kembali juga kepada kita. No Pain, No Gain. Tanpa pengorbanan, tak ada apapun yang didapat.

Nah, itulah contoh sederhana proses untuk naik level. Sebuah proses yang wajib kita ikuti. Dengan mau naik level, sesungguhnya kita telah memperpanjang dan meninggikan kualitas diri kita.

Ingat, naik level bukan untuk orang lain, tapi untuk diri kita sendiri.

Salam Amazing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ISI DULU YA * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.