BLOG

Musim Gugur dan Slide Powerpoint

Musim gugur menghiasi kota yang saya tinggali, Kariya City, Aichi Ken, Jepang. Suhu hariannya berkisar antara 6 hingga 14 derajat celcius. Cukup sejuk. Ciri khas dari musim gugur adalah berubahnya warna daun dari hijau menjadi kuning atau kemerahan, dan satu per satu jatuh ke tanah. Harmoni warna yang indah. Saya sempat mengabadikan beberapa momen musim gugur di akun Facebook, Twitter, Instagram maupun Path saya. Dan dari perpaduan warna tersebut, saya bisa menarik sejumlah inspirasi, antara musim gugur dan slide powerpoint. Apa sajakah itu? Yuk kita simak bersama:

1. Tidak Biasa itu Atraktif

Jika Anda mendesain slide powerpoint, warna-warna yang tidak biasa itu menarik perhatian. Daun berwarna merah itu tidak biasa. Karena pada umumnya daun berwarna hijau muda atau hijau tua. Oleh karena itu jika ingin nuansa slide Anda berbeda, cobalah memasukkan warna yang tidak biasa. Warna yang atraktif sangatlah visual. Sangat baik untuk menarik pandangan audiens menuju slide powerpoint Anda.

2. Warna Mencolok itu Indah

Warna yang tajam atau mencolok itu sangat indah jika diperlihatkan secara visual, apalagi memadukan musim gugur dan slide powerpoint. Namun perlu diingat, meski indah, tidaklah bijaksana menempatkan pesan utama di dalam warna yang mencolok, karena sangat mengganggu kenyamanan mata ketika dibaca. Oleh karena itu, sisakan space yang cukup jelas, tanpa terganggu warna yang mencolok untuk menempatkan pesan Anda.

Sebagai contoh, di bawah ini adalah perpaduan musim gugur dan slide powerpoint. Daun maple yang berwarna merah sangat baik untuk penarik perhatian. Namun jika pesan utama ditempatkan di dalamnya, akan tidak nyaman untuk dibaca. Foto berikut atraktif, namun pesan utama tetap pada bagian pintu yang saya lingkari, bukan pada daun maple-nya.

Maple atraktif dalam slide,namun pesan utama tetap pada obyek yang dilingkari (image dari Bing.com).

 3. Mengubah Suhu Audiens

Musim gugur adalah peralihan antara musim panas dengan musim dingin. Perubahan warna daun juga menggambarkan perubahan suhu. Slide presentasi juga demikian. Perubahan warna, image maupun pesan dalam slide, bisa mengubah suhu audiens, yang awalnya tenang, menjadi bersemangat, atau menjadi lebih ceria. Oleh karena itu gunakan media slide sebaik mungkin untuk mengubah suhu audiens.

Nah, itulah inspirasi yang saya peroleh dari musim gugur dan slide powerpoint. Semoga menambah pengetahuan Anda tentang slide presentasi. Oya, bagi Anda yang ingin belajar slide powerpoint di workshop Amazing Slide Presentation, secara individu maupun institusi / perusahaan, silakan hubungi kami, Kreasi Presentasi di nomor 0857 3333 0407.

Salam Amazing.

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment