BLOG

Musik Terbaik untuk Presentasi

Dalam sebuah riset, sebagian besar presentasi akan mengalami stagnasi keadaan dalam diri audiens, seperti bosan, tidak konsentrasi dan berusaha mencari aktifitas lain, setelah sekitar 20 menit. Seorang presenter yang baik, seharusnya tahu tentang kondisi ini dan berusaha untuk menaikkan kembali semangat dan konsentrasi audiens dalam presentasi, sehingga tujuan penyampaian presentasi terwujud.

Selain itu, terkadang presenter membutuhkan media tambahan untuk mengubah suasana presentasi, dari semangat menjadi haru, dari sedih menjadi ceria, dari tegang menjadi penuh inspirasi. Salah satu cara yang paling efektif untuk menaikkan konsentrasi audiens sekaligus mengubah suasana ruang presentasi adalah memberikan musik iringan ketika presentasi berlangsung. Lalu bagaimana musik terbaik untuk presentasi yang harus diputar? Berikut tips musik terbaik untuk presentasi Anda:

1. Tentukan Suasana yang ingin Anda Bangun

Seseorang yang stagnan tentu butuh berubahnya kondisi, demikian juga presentasi, audiens yang mulai jenuh memerlukan perubahan suasana ruang presentasi. Untuk mengubah suasana tersebut, Anda harus menentukan suasana yang ingin Anda bangun, apakah ceria, bersemangat, tegang, mencengangkan, sedih, atau penuh inspirasi. Setiap suasana tentu berbeda musiknya. Misalnya, untuk suasana ceria dan membuat audiens bergerak bersama, maka musik dari grup “Safri Duo” bisa jadi alternatif.

2. Pakailah Musik yang Tepat

Untuk mengiringi presentasi, gunakan musik instrumen, tanpa lirik, tanpa vokal, karena jika Anda menggunakan musik dengan lirik, audiens yang mengetahui lagu tersebut, bisa jadi secara tidak sengaja ikut berdendang dan hilang konsentrasi terhadap presentasi. Namun sebaliknya, jika Anda ingin audiens bernyanyi bersama, musik terbaik untuk presentasi adalah musik dengan lirik. Bila perlu tampilkan video klip di dalam slide sekaligus teks lagunya.

3. Jangan Memutar Musik dari Awal hingga Akhir

Seringkali saya menemui presenter yang memutar musik instrumen dari awal hingga akhir presentasi dengan alasan supaya audiens tidak mengantuk. Boleh saja hal ini Anda lakukan. Namun jika demikian, maka saya khawatirkan musik Anda tidak punya kekuatan. Audiens tidak akan mengetahui kapan harus sedih, gembira atau semangat karena dari awal hingga akhir presentasi Anda suguhkan musik. Tidak ada perbedaan yang berarti. Sebagai contoh, coba Anda perhatikan film-film Hollywood, apakah dari awal sampai akhir film selalu diiringi musik? Tentu saja tidak. Hanya saat-saat tertentu saja yang perlu penekanan, seperti ketika terjadi ketegangan, kecemasan ataupun di klimaks film. Ini akan sangat membantu mengubah perasaan audiens.

Nah, inilah 3 tips musik terbaik untuk presentasi Anda, semoga menambah pengetahuan sehingga menyempurnakan presentasi Anda. Bila Anda ingin belajar lebih dalam, silakan ikuti Amazing Slide Presentation, pelatihan slide powerpoint terbaik di Indonesia dengan menghubungi CV. Kreasi Presentasi di 0857 3333 0407, kami pun siap bekerja sama dengan individu, lembaga pendidikan maupun perusahaan.

Salam Amazing

 

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment