BLOG

Merekam Layar dengan Powerpoint

Jika Anda memberikan materi pelatihan teknis, seperti pelatihan perangkat lunak, training pembuatan video, atau seperti pelatihan saya di seri Amazing Slide, merekam tahap demi tahap aktifitas layar monitor komputer sangatlah penting. Apalagi bagai audiens yang baru saja belajar mengenal software. Dulu kita memerlukan software lain yang harus diinstall untuk merekam aktifitas layar seperti Bandicam, Ice Cream Screen Recorder, Ezvid Video Maker dan sebagainya. Lupakan itu semua. Sekarang Anda bisa merekam layar dengan Powerpoint saja. Ya.., hanya Powerpoint, tanpa perlu software lain.

Di tahun 2013, Powerpoint memperkenalkan fitur screenshot, yang mampu menangkap tampilan layar statis Powerpoint dan langsung memasukkannya ke dalam slide. Tanpa perlu software lain seperti Snipping Tools, dan tanpa perlu melakukan cropping seperti fitur “Print Screen”. Memang, screenshot ini tidak sama dengan fitur merekam layar dengan Powerpoint, karena fitur screen recording ini baru ada di Powerpoint 2016 atau 365.

Nah, bagaimana cara melakukan screenshot di Powerpoint? Anda cukup mengklik “Insert” dan pilih “Screenshot“, lalu drag kursor Anda di atas lara monitor sehingga gambar yang ingin Anda tangkap sudah sesuai. Lepaskan “Klik” mouse Anda, maka gambar screenshot tadi akan langsung tertempel di slide.

Jika Anda ingin menyimpan screenshot tersebut, Anda tinggal klik kanan lalu pilih “Save as Picture” di menunya. Maka gambar screenshot tersebut tersimpan di dalam komputer Anda.

Sedangkan jika Anda ingin merekam layar dengan Powerpoint, maka Anda cukup mengklik ribbonInsert” dan Pilih “Screen Recording“. Drag layar monitor untuk memilih “Select Area” bagian mana yang akan Anda rekam di layar monitor tersebut. Lalu klik “Record“.

Anda juga bisa memilih apakah teknik merekam layar dengan Powerpoint tersebut termasuk menggunakan audio dan record pointer juga atau tidak. Setelah selesai, Anda cukup klik bagian “Stop” dan secara otomatis, rekaman tangkapan layar Anda ada di slide Powerpoint Anda.

Jika Anda ingin menyimpan video tangkapan layar tersebut, Anda cukup mengklik kanan video tersebut dan pilih “Save Media as“, maka file video Anda akan tersimpan dalam bentuk .mp4.

Nah, itulah tadi teknik merekam layar dengan Powerpoint yang bisa saya sharing dengan Anda. Mudah-mudahan bisa membantu audiens untuk lebih memahami presentasi Anda. Anda pun bisa memperdalam teknik Powerpoint dengan mengikuti workshop slide profesional Amazing Slide Presentation di Jakarta, 20-21 April 2019. Silakan klik gambar di bawah untuk form pendaftaran atau hubungi Mbak Ayu di 08123 271 6030.

Salam Amazing.


TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment