BLOG

Menyingkirkan Rasa Malas

Seringkali kita dirundung malas saat mengerjakan suatu hal. Rasa malas bisa datang tiba-tiba, tak diduga dan menghambat aktivitas kita.

Lalu, bagaimana menyingkirkan rasa malas? Bukankah rasa malas itu fitrah manusia? Bukankah bila kita penat rasa malas memang lumrah terjadi?

Perlu diluruskan, rasa malas berbeda dengan rasa lelah. Jika kita penat atau jenuh melakukan pekerjaan atau aktivitas tertentu, maka ini disebut rasa lelah. Bila Anda lelah, maka tidak ada hal lain yang harus dilakukan, kecuali beristirahat. Jika Anda memaksakan diri untuk terus beraktivitas saat lelah, hasilnya sia-sia bahkan berbahaya. Misal Anda mengemudi dalam keadaan lelah, jika dipaksa maka hal fatal bisa terjadi.

Sedangkan rasa malas tidak terjadi karena kelelahan, namun malas muncul saat kita tidak memiliki motivasi untuk mengerjakan sesuatu. Mengapa kita tidak memiliki motivasi? Karena kita tidak punya ide ataupun target apapun.

Anda yang malas untuk pergi kuliah atau sekolah, bisa jadi karena Anda tidak punya tujuan ke sana.  Anda pun yang malas untuk bekerja, bisa jadi karena Anda tidak punya target apapun yang harus diraih di tempat kerja.

Maka, jika Anda ingin menyingkirkan rasa malas, ada beberapa tips singkat dari saya:

  1. Temukan ide-ide barus setiap hari. Misal ide tulisan, desain, gambar dan sebagainya. Dengan ide baru, Anda punya bekal untuk melakukan sesuatu hari ini.
  2. Bila Anda belum punya ide baru, buat target hari ini. Misal Anda harus belajar software pemrograman komputer,  menyelesaikan naskah Anda yang harus diserahkan ke penerbit, ataupun membuat proposal pelatihan ke berbagai perusahaan.
  3. Baca tulisan-tulisan inspiratif dan memotivasi setiap pagi. Bila perlu tulisan yang selalu baru dan ter-update. Dengan nuansa baru, Anda akan menjalani hari dengan semangat.
  4. Minta bantuan kepada keluarga, saudara dan rekan Anda untuk selalu menjaga semangat Anda. Mereka adalah lingkungan terkecil di sekitar Anda yang selalu berinteraksi dengan Anda setiap hari. Jadi mereka bisa menularkan semangat pada Anda.

Rasa malas bisa ditaklukkan. Karena rasa malas adalah buah dari pikiran. Dengan pikiran yang positif, rasa malas akan tersingkirkan.

Bisa!!

Salam Pemenang Kehidupan.

TAGS > , , , , , , , , ,

Post a comment