BLOG

Menundukkan Audiens dalam 60 Detik

Bagaimana cara menundukkan audiens dalam waktu 60 detik melalui presentasi Anda? Jawaban ini saya share pada tanggal 24 & 25 Februari kemarin. Dua hari tersebut saya memberikan training executive coaching di Hotel Harris, Tebet Jakarta perihal “Prepare Sales Presentation” bersama associate Amazing Slide Presentation Mbak Enny Rahmita dan Apple Consulting.

Untuk menundukkan audiens dalam 60 detik, kuncinya terdapat pada rundown kalimat pembuka presentasi. Rundown kalimat pembuka presentasi Anda harus mampu “memaksa” audiens untuk tetap stay di tempat duduk mereka, hingga presentasi Anda usai. Rundown ini saya dapat dari Carmine Gallo, seorang ahli komunikasi asal Amerika. Apa urutan rundown tersebut sehingga kita bisa menundukkan audiens dalam 60 detik? Ini jawabannya:

  1. Welcome. Ucapan selamat datang sangat penting untuk mengawali presentasi, ini adalah ucapan sambutan dan kalimat opening untuk mengakrabkan Anda dengan audiens.
  2. Praise Them. Puji audiens Anda. Setiap orang senang dipuji, senang disanjung. Manfaatkan hal ini untuk mendapatkan hati audiens yang telah susah payah datang menghadiri presentasi Anda.
  3. Your Theme. Perjelas tema presentasi Anda. Pahamkan audiens bahwa mereka sedang menghadiri sebuah forum yang sangat penting dan bernilai.
  4. Why they must stay. Inilah kunci utama yang “memaksa” audiens untuk tetap mendengarkan. Mengapa mereka harus tetap di tempat duduk dan mengikuti presentasi Anda. Uraikan hal ini dan buatlah supaya audiens butuh dengan presentasi Anda.
  5. Introduce yourself. Sebelum memulai presentasi, kenalkan diri Anda pada audiens. Selain supaya audiens tahu siapa Anda, perkenalan diri juga mengangkat kepercayaan audiens terhadap Anda.

Nah, itulah 5 urutan kalimat yang harus Anda sampaikan dalam 60 detik sehingga Anda mampu menundukkan audiens. Semoga tips presentasi ini bermanfaat bagi Anda. Selamat menundukkan audiens dalam 60 detik.

Salam Amazing.

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

  • Masyrifah Jazm

    nice post, sir.
    tapi agak susah nyampein materi kalau audiensnya menunduk.. hehe *kiddig

    Reply
  • Princess Amanda @Princess_Coach9

    kerON gurunda…:)

    Reply

Post a comment