Menulis Materi Presentasi

Persiapan presentasi sangat berpengaruh dalam penampilan kita saat berada di stage presentasi. Nah karena persiapan ini sangat penting, pertanyaannya, bagaimana supaya persiapan presentasi kita sempurna, penyampaian materi presentasi lancar dan tidak mudah “blank” ketika tampil? Langsung saja ya, guru saya Garr Reynolds pernah mengatakan bahwa persiapan presentasi adalah presentasi itu sesungguhnya, karena dari situlah keberhasilan atau kegagalan presentasi bisa diukur. Untuk menjamin keberhasilan kita dalam presentasi lebih besar, maka alangkah lebih baiknya kita menulis materi presentasi sebelum tampil.

Apa? Menulis materi presentasi? Ga salah… jadi dua kali kerja dong. Eit… tunggu dulu, biar saya jelaskan. Apa pentingnya menulis materi presentasi… ini jawabannya:

1- Memulai dengan sketsa

Tahukah Anda, setiap desainer memulai desainnya dengan sebuah sketsa. Entah itu di atas kertas, di atas layar gadget maupun langsung di layar monitor komputer dengan software desain. Sketsa menjamin desain yang terbentuk sesuai dengan harapan. Hasil desain adalah visual… karena itu diawali dengan sketsa. Sedangkan presentasi, hasil akhirnya adalah kata-kata, karena itu diawali dengan menulis materi presentasi. Dengan menulis seorang pembicara mampu meraba hasil akhir presentasinya… sesuai harapan atau tidak.

2- Meminimalisir lupa

Untuk memberikan materi presentasi, tak jarang pembicara memiliki banyak referensi dan literatur yang harus dibahas. Terkadang terjadi tumpang tindih antara satu dengan yang lain. Tak jarang juga, karena kendala teknis, seperti durasi presantasi yang tiba-tiba terpotong oleh pembukaan.. materi yang urgen jadi lupa tersampaikan. Menulis materi presentasi memudahkan pembicara mengingat ulang poin penting dalam presentasinya. Lebih baik lagi jika dibuat berlatih berulang-ulang.

3- Membuat materi terstruktur & punya alur

Pernahkah Anda mengikuti presentasi yang sebenarnya punya satu topik tertentu lalu kemudian melebar kemana-mana..? Mungkin pembicaranya memang kompeten dan ahli di bidangnya, namun sakig banyaknya ilmu yang dimiliki, dia akhirnya bingung mengeluarkan “jurus” yang mana dulu. Saya yakin, pembicara tersebut tidak mencatat materi presentasinya, sehingga tidak terfokus pada satu pokok bahasan. Maka, supaya materi presentasi Anda tajam… tulis dulu ya…

4- Hapal lebih baik

Menulis materi presentasi juga memudahkan Anda untuk menghapal bagaimana membuka presentasi yang santai, relaks dan segar… mengisi presentasi step by step dengan alur yang jelas …, serta menutup presentasi dengan memukau. Ssst…ini rahasia ya… sebagian besar pembicara ternama memiliki pembukaan, isi dan penutup presentasi yang hampir selalu sama, bahkan hingga jokes atau guyonan yang mereka lontarkan. Kenapa? Karena mereka menulis dulu materi presentasinya, sehingga lebih mudah dihapal dan meyakinkan di depan audiens.

5- Memudahkan evaluasi

Menulis materi presentasi juga memudahkan orang lain mengevaluasi penyampaian Anda.. apakah sudah pas atau belum. Apakah sudah sesuai alur atau tidak. Mereka tinggal membaca naskah presentasi Anda dan mencocokkan dengan penampilan Anda. Dengan evaluasi rutin, presentasi Anda akan kian baik dari waktu ke waktu.

Nah, tulah manfaat menulis materi presentasi. Semoga bermanfaat bagi Anda… oya 11-12 Februari 2017 ini workshop Amazing Slide Presentation dengan materi terbaru hadir di Surabaya. Silakan melihat flyer di bawah ini untuk info lengkapnya. Anda pun bisa juga mengikuti workshop infografis dari kami… silakan hubungi 0857 3333 0407 (Bu Isti) untuk info lebih lanjut.

Salam Amazing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ISI DULU YA * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.