BLOG

Menjaga Kualitas Image Slide Presentasi

Dalam presentasi, seringkali seorang presenter kurang memperhatikan tampilan slide. Salah satu alasan yang saya dapat dari rekan, “Halah…, cuma slide presentasi saja kok dipermasalahkan. Yang penting pesan kita kan tersampaikan.” Ya, memang benar, inti dari presentasi adalah tersampainya materi dan pemahaman audiens. Namun bukan berarti kita mengabaikan tampilan slide, apalagi menggunakan desain slide yang apa adanya. Slide yang tak terorganisir dengan baik, bisa jadi akan mengacaukan presentasi Anda, dan membuat kepercayaan audiens terhadap Anda jauh menurun.

Anda pernah pergi ke supermarket untuk membeli sebuah produk tertentu bukan? Apakah itu makanan ringan, minuman, maupun kebutuhan rumah tangga. Ketika melihat ratusan produk terpampang di rak, bagaimana menemukan produk yang Anda inginkan? Selain merk, tentu tampilan kemasan produk akan selalu Anda ingat. Sama seperti slide presentasi. Bagi saya, slide adalah kemasan presentasi kita. Bila kemasan presentasi kita sudah berantakan, lalu bagaimana kita bisa meyakinkan audiens bahwa apa yang kita sampaikan itu baik?

Bukankah jauh lebih baik jika kita menyempurnakan tampilan slide presentasi yang kita miliki dengan mendesainnya sebaik mungkin. Salah satu caranya adalah dengan menjaga kualitas image presentasi yang kita tampilkan. Apa saja tips-tipsnya? Berikut adalah tips singkatnya:

  1. Gunakan image dengan kualitas tinggi, jangan asal memilih gambar. Jika kualitas gambar kita rendah, jika diperpesar tentu pixel gambar tidak sesuai dengan layar tampilan slide. Akibatnya gambar kita akan kabur dan pesan tidak tersampai dengan baik.
  2. Gunakan image yang orisinal. Ada berbagai gambar yang bisa Anda peroleh di dunia maya. Salah satunya melalui mesin pencari seperti Google. Tapi ingat, tidak semua gambar yang ditemukan Google bebas dari hak cipta. Hati-hati jika menggunakan gambar dengan hak cipta orang lain, jangan sampai merugikan nama baik dan penghasilan Anda.
  3. Tatalah image Anda sesuai karakter audiens. Misalnya, image untuk audiens anak muda, berbeda dengan image untuk audiens umum.
  4. Teruslah berlatih dan berlatih…, karena tidak ada kesuksesan yang instan.

Salam Pemenang Kehidupan.

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment