BLOG

Mengubah Ide Menjadi Videografis

Di era yang serba visual saat ini, tampilan videografis atau motion graphic adalah sebuah alternatif baru untuk menarik perhatian audiens. Videografis membuat pesan Anda makin stand out dan menarik untuk dilihat. Nah, dalam artikel ini saya akan mencoba memaparkan tentang bagaimana langkah mengubah ide menjadi videografis. Ide yang awalnya abstrak, menjadi tampilan visual yang animatif dan enak dilihat. Sebagian isi artikel ini saya ambil dari tulisan Kristy Shangpliang dari Chillibreeze. Sebagian yang lain saya ambil dari buku Amazing Slide Videographic, Panduan Lengkap Animasi dan Motion Infographic.

Ada 7 langkah konkrit untuk mengubah ide menjadi videografis. Langkah-langkah tersebut adalah:

1- Menentukan Judul & Skrip

Langkah pertama untuk mengubah ide menjadi videografis adalah menentukan judul dan membuat skrip videografis Anda. Untuk menentukan judul, kita wajib melihatnya dari sisi audiens. Pilih judul yang singkat, menarik, membuat penasaran dan kalau perlu sedikit misterius. Bisanya orang menyebutnya dengan clickbait. Ini contohnya:

Berikutnya, adalah Anda siapkan skrip videografis Anda. Skrip atau naskah merupakan ruh dari videografis. Dengan skrip alur ide Anda akan terangkai. Caranya, ambil satu kata kunci di tiap scene videografis Anda.

Misal, Anda ingin membuat videografis tentang “Tips Mengurangi Sampah Plastik”. Videografis ini bisa Anda bagi menjadi beberapa scene, misal scene-1 tentang bahaya sampah plastik. Scene-2 tentang cara mengurangi sampah plastik. Scene-3 tentang manfaat berkurangnya sampah plastik. Masing-masing scene kemudian Anda buat skripnya. Skrip ada 3, yaitu: skrip yang Anda visualkan (dijadikan gambar), skrip yang Anda tuliskan di videografis dan skrip yang Anda voice over (rekam sebagai audio). Tentukan skrip Anda masing-masing sehingga menjadi satu rangkaian cerita videgrafis. Ingat, sampaikan satu inti pesan saja dalam videografis Anda. Jangan terlalu banyak.

2- Memilih Visual Style

Setelah skrip sudah selesai. Maka berikutnya, Anda bisa memilih tampilan visual yang pas. Apa berupa tampilan flat design, retro, simpel atau gaya visual yang lain. Anda bisa mengunjungi web Freepik untuk mendapat banyak inspirasi. Berikut contoh visual style.

3- Membuat Storyboard

Setelah selesai memilih visual style. Berikutnya Anda wajib menyusun storyboard videografis Anda. Storyboard artinya, Anda mencocokkan tampilan visual dengan skrip yang telah Anda susun sebelumnya. Sekaligus memperkirakan berapa durasi animasinya. Ini contohnya:

4- Merekam Audio

Nah, berikutnya, skrip yang Anda pilih untuk direkam harus benar-benar Anda voice over. Anda bisa merekam audio skrip dengan software recording gratis seperti Audacity untuk menghasilkan kualitas suara yang baik.

5- Membuat Animasi

Setelah Anda merekam audio, saatnya menggabungkan visual style yang sudah Anda pilih dengan animasi. Dalam Powerpoint, Anda bisa membuat animasi secara instan dan cepat untuk videografis singkat.

6- Memasukkan Musik Background

Setelah skrip, visual style, animasi dan voice over sudah Anda selesaikan, berikutnya Anda wajib memilih musik background. Musik ini dipakai sebagai latar belakang videografis Anda sehingga tampil lebih exciting dan dinamis.

Oya, untuk musik, perhatikan benar-benar bahwa audio yang Anda pilih bebas dari hak cipta atau copyright. Supaya video Anda tidak di-banned akibat belum memiliki izin atau membayar royalti musik tersebut.

7- Finalisasi Video

Jika musik background sudah Anda pilih dan masukkan ke dalam file videografis, maka langkah terakhir untuk mengubah ide menjadi videografis adalah finalisasi video. Anda tinggal merender atau menyimpan file videografis tersebut ke dalam file video seperti mov, mpg, wmv maupun mp4. Tergantung dengan kebutuhan videografis Anda.

Demikianlah 7 langkah mengubah ide menjadi videografis. Semoga hal ini mampu menambah pengetahuan Anda tentang teknik menyusun videografis.

Oya, bagi Anda yang ingin mendapatkan referensi lengkapnya, Buku Amazing Slide Videographic, Anda bisa pesan ke Mbak Ayu, 08123 271 6030 atau klik link ini untuk pemesanan. Sedangkan jika Anda ingin memperdalam praktiknya, Anda bisa mengikuti Workshop Videografis bersama tim Kreasi Presentasi. Silakan hubungi Bu Isti di 0857 333 0407.

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment