BLOG

Menghindari Sifat Serakah dan Sombong

Dalam Biologi, dikenal istilah rantai makanan. Rantai makanan merupakan peristiwa makan memakan, mulai dari tumbuhan sebagai produsen hingga konsumen tertinggi. Rantai makanan diakhiri dengan penguraian tubuh organisme oleh makhluk hidup pengurai seperti bakteri.

Proses dalam rantai makanan ini terjadi sejak makhluk hidup pertama kali diciptakan. Dan sejak saat itu keseimbangan alam tetap terjaga. Walau jutaan tumbuhan mati setiap harinya karena dimakan konsumen 1 seperti kelinci. Ribuan kelinci mati setiap hari karena dimakan konsumen 2 seperti ular. Namun alam tetap mampu menjaga keseimbangannya, meski terlihat kejam.

Sangat berbeda saat manusia hidup dengan alam. Dalam waktu singkat, keadaan alam yang awanya seimbang menjadi tidak bersahabat. Manusia membabat habis produsen. Akibatnya terjadi tanah longsor, karena hutan yang gundul.

Manusia juga memanen habis konsumen 1 seperti semut rangrang, untuk makanan burung peliharaan. Akibatnya terjadi blooming ulat bulu di berbagai kota di Pulau Jawa.

Selain itu, adanya pemanasan global yang jadi isu hangat saat ini juga tidak lepas dari peran manusia di alam. Sebenarnya siapa yang kejam, alam atau polah manusia?

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , ,

Post a comment