Menghindari Jenuhnya Presentasi

Pernahkah Anda menyampaikan materi presentasi berulang-ulang selama beberapa waktu? Misalnya, Anda seorang sales, menyampaikan presentasi tentang product knowledge terhadap konsumen selama beberapa tahun. Anda seorang trainer, menyampaikan materi inspirasi yang sama dalam jangka waktu belasan bulan. Atau Anda seorang guru, menyampaikan materi pembelajaran yang identik dalam durasi puluhan tahun. Kejenuhan adalah musuh utama bagis eorang presenter yang memiliki materi presentasi yang sama dan berulang. Kejenuhan juga lah yang bisa menjadikan kualitas presentasi kita makin menurun. Nah, di dalam artikel ini, saya akan berbagi tips menghindari jenuhnya presentasi berdasar pengalaman saya menyampaikan materi Amazing Slide Presentation lebih dari 3 tahun di berbagai event, semoga bermanfaat bagi Anda. Inilah tips menghindari jenuhnya presentasi:

1- Ubah alur presentasi Anda

Materi Amazing Slide 2 tahun lalu dengan materi Amazing Slide saat ini berbeda total. Perbedaan yang signifikan adalah dari alur presentasinya. Alur presentasi Amazing Slide saat ini lebih sederhana dan langsung mengena. Di awal kemunculannya, untuk menjelaskan mindset Amazing Slide, saya memerlukan waktu sekitar 40 menit untuk presentasi, namun sekarang hanya sekitar 20 menit. Perubahan ini juga akibat evaluasi berjenjang (kaizen) yang selalu saya lakukan untuk memperbaiki materi memperbanyak praktik daripada teori, sekaligus menghindari jenuhnya presentasi.

Salah satu format yang berubah di pelatihan Amazing Slide adalah muncul bintang tamu ternama yang mengejutkan semua audiens.

2- Ubah image dan font slide presentasi Anda

Saya pernah melihat slide materi presentasi seorang trainer yang tidak berubah selama beberapa tahun. Gambarnya sama, font-nya sama, demikian juga alurnya. Mengapa tidak diubah, alasannya supaya dia tidak lupa materinya. Padahal menurut saya, seorang trainer hanya akan lupa terhadap materi presentasinya karena dua hal, pertama dia jarang latihan dan presentasi. Kedua dia tidak membuat slide presentasinya sendiri. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk berlatih dan membuat materi presentasi sendiri. Jika Anda kesulitan, Amazing Slide Presentation bisa membantu Anda untuk mendesain slide materi presentasi, sedangkan Amazing Slide MiniMAX bisa membantu Anda menyederhanakan data (grafik, tabel dan diagram).

3- Terima tawaran presentasi di berbagai segmen

Bagaimana jika kita terus menerus memberi materi untuk pelajar dan mahasiswa selama belasan tahun? Tentu kita akan jenuh. Padahal bisa jadi usia kita tidak lagi setingkat di atas mahasiswa. Boleh jadi dua atau tiga tingkat di atasnya. Nah, untuk menghindari jenuhnya presentasi, cobalah untuk naik level. Terimalah tawaran presentasi di level lain, semisal presentasi untuk karyawan perusahaan ataupun jajaran direksi. Selain menantang Anda supaya jauh lebih baik dan profesional, materi presentasi Anda akan kian berbobot.

Salah satu inhouse Amazing Slide di bulan Juni & Juli 2015. Presentasi di segmen otomotif menambah wawasan presenter.

4- Ambil referensi terbaru

Di waktu saya menjalani S-2, ada seorang dosen yang masih menggunakan referensi buku tahun 1958, dimana salah satu isinya menyebut bahwa Pluto adalah sebuah planet, padahal dalam penelitian sains terbaru, pluto bukan lagi sebuah planet. Padahal konten buku tersebut akan dipresentasikan. Bagaimana sebuah presentasi bisa dipercaya jika kita masih menggunakan referensi yang sudah kadaluarsa? Cobalah menggunakan berbagai sumber referensi terbaru. Anda akan terpacu untuk terus belajar dan presentasi Anda akan kian memukau.

5- Sesuaikan contoh dengan audiens Anda

Kita tidak bisa menyamakan semua contoh untuk audiens dengan profesi yang berbeda-beda. Semisal, jika Anda presentasi di depan orang-orang finansial, istilah otomotif tentu akan terasa asing. Cobalah mendekatkan audiens dengan contoh yang sesuai dalam kehidupan mereka sehari-hari. Termasuk juga mengubah tampilan slide sehingga sesuai dengan dunia audiens. Sebagai contoh, meski 2 event di bawah ini CSR, namun saya harus tetap memberi yang terbaik sesuai segmen klien dan contoh yang berbeda pula. Yatim Mandiri dengan contoh-contoh aktifitas sosial dan Universitas Indonesia dengan contoh edukatif.

Nah, saya berharap 5 tips presentasi ini membuat performa Anda kian dinamis dan mampu menghindari jenuhnya presentasi. Jika Anda kesulitan untuk mendesain slide presentasi sekaligus belajar teknik penyampaian slide, silakan ikuti event Amazing Slide Presentation dan Amazing Slide MiniMAX yang diselenggarakan oleh Kreasi Presentasi. Anda bisa menghubungi Bu Isti di nomor 0857 3333 0407 atau WA 08123 576 3366.

Salam Amazing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ISI DULU YA * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.