Mengenal Modifikasi Warna

Dalam dunia desain, warna memegang peranan penting dalam menentukan keindahan dan seni desain. Termasuk di dalamnya adalah desain slide presentasi powerpoint. Di dalamnya warna juga menjadi salah satu penentu kesuksesan visualisasi presentasi seseorang. Nah, kali ini saya akan mencoba sharing dengan Anda untuk mengenal modifikasi warna. Sehingga dengan mudah Anda gunakan di dalam slide presentasi maupun dalam aplikasi warna lainnya.

Untuk mengetahui modifikasi warna, alangkah baiknya jika Anda membaca terlebih dahulu tentang roda warna (color wheel) dan penentuan warna terbaik dalam slide presentasi, yang juga pernah saya bahas di artikel sebelumnya.

Oke, jika sudah Anda baca, maka saatnya saya melanjutkan ke modifikasi warna. Dalam modifikasi warna ada 4 istilah yang harus kita pahami yaitu:

1. Hue

Hue merupakan warna sesungguhnya. Jika kita mengatakan warna apapun, semisal hijau, biru atau merah, sejatinya kita membahas tentang hue. Hue adalah warna asli, warna nyata tanpa ditambahi atau tercampur warna lain. Karena hue merupakan warna murni, maka dalam slide, hue sangat tajam di mata. Saya tidak menyarankan Anda menggunakan warna hue untuk ditempatkan dalam slide, kecuali hitam dan putih.

2. Tints

Tints adalah modifikasi warna dari hue yang telah ditambahkan kecerahan atau warna putih. Warna-warna tints sangat baik jika Anda gunakan dalam slide presentasi yang berlatar belakang gelap.

3. Shade

Shade ialah istilah yang diberikan bagi warna yang telah ditambahkan warna hitam atau dikurangi kecerahannya. Warna shade oke banget bila Anda pakai dalam slide presentasi berlatar belakang cerah.

4. Tone

Yang terakhir adalah tone, yaitu istilah bagi warna sejati atau hue yang telah ditambahkan warna abu-abu. Tone tidak mencolok. Tidak pula bisa jadi pusat perhatian. Namun tone bisa selaras dan halus jika ditampilkan dalam slide berlatar belakang putih.

Untuk mengingat, silakan simak roda warna berikut ini, sehingga Anda makin paham penggunaan masing-masing modifikasi warna:

hue-tint-shade
Modifikasi warna, image dari CreativeCurio.com

Nah, itulah 4 istilah yang harus Anda kenal dalam modifikasi warna. Bila masih ingin mendalami tentang modifikasinya dalam slide presentasi, silakan ikut workshop Amazing Slide Presentation yang asli dan original, dengan hak cipta hanya dari Kreasi Presentasi, supaya Anda tidak kecewa dengan pelatihan dan purna jualnya. Silakan hubungi Kreasi Presentasi di nomor 0857 3333 0407 untuk informasi lebih lanjut.

Semoga tips kali ini bermanfaat. Salam Amazing.

2 thoughts on “Mengenal Modifikasi Warna

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ISI DULU YA * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.