Mengapa Infografis Penting?

Saat ini infografis menjadi tren baru visualisasi data, baik yang berupa tabel, grafik, diagram maupun pie chart. Keberadaan infografis sebagai sebuah era baru visualisasi data bukanlah sekedar euforia sesaat yang kemudian akan hilang ditelan zaman. namun menurut saya, keberadaan infografis justru telah menajdi solusi akan makin banyaknya data dan fakta yang ada di sekitar kita. So.. mengapa infografis penting, inilah 3 alasan utama dari saya:

1- Bombardir data setiap hari membutuhkan filter yang tepat

Mengapa infografis penting? Mitchell Kapoor mengatakan bahwa, mendapatkan informasi dari internet ibarat minum dari air hidran. Sungguh tidak bisa dibandingkan. Jutaan informasi hadir tiap hari memerlukan filter atau alat saring yang tepat. Terlebih lagi saat ini banyak informasi hoax atau palsu yang tak bisa dipertanggungjawabkan. Salah satu alat saring informasi terbaik adalah infografis.

Infografis bisa menjamin kebenaran informasi dengan menyebutkan referensi serta akurasi data yang ditampilkan. Infografis juga menjadikan informasi atau data sebagai sajian utama, bukan persepsi atau cara pandang penulis yang seringkali tendensius. Oleh karena itu infografis bisa menjadi alternatif filtering informasi internet yang membabi buta.

2- Infografis adalah bentuk penyederhanaan data

Mengapa infografis penting? Informasi yang sangat kompleks membuat problem kehidupan kian kompleks. Ada saatnya kita berhenti sejenak atau sekedar memperlambat langkah kita untuk melihat lebih jelas apa-apa yang ada di sekeliling kita. Dengan berhenti sejenak, kita akan lebih jelas memandang sesuatu sekaligus menyederhanakannya.

Bagi saya infografis adalah salah satu bentuk penyederhanaan data. Data dari sebuah artikel yang berjumlah 3 hingga 4 halaman A4 bisa disederhanakan menjadi 1 lembar kertas A4 dengan hanya fokus menampilkan analisa datanya saja.Penyederhanaan data inilah yang sangat efektif dan efisien dalam memahami sebuah problem dan memberikan solusi atas masalah tersebut.

3- Infografis menjadikan data lebih indah dan mudah dipahami

Otak manusia menyimpan informasi dalam bentuk visual. Nama seseorang tersimpan dalam bentuk gambar atau foto. Buktinya, ketika Anda menyebutkan nama rekan Anda, maka yang ada di dalam benak kita adalah wajahnya, tampilan fisiknya, bukan jajaran huruf yang membentuk nama rekan Anda. Infografis penting karena mempermudah orang memahami data dalam bentuk visual atau gambar. Tampilan infografis yang cerah, penuh warna dan terkadang memiliki icon, vektor maupun image tertentu membuat kita asyik menikmati visualisasi data, padahal jika data ditampilkan dalam bentuk tulisan saja, seringkali kita enggan membacanya.

Dengan visualisasi yang indah, infografis mengubah mindset kita tentang data yang selama ini abstrak menjadi riil dan nikmat untuk dipelajari.

Nah, inilah 3 alasan mengapa infografis penting. Kita pun bisa sama-sama belajar infografis dengan Powerpoint sehingga bisa kita gunakan langsung untuk presentasi dengan ikut workshop Amazing Slide MiniMAX, atau dengan menghubungi Bu Isti (Kreasi Presentasi) di nomor 0857 3333 0407.

Salam Amazing.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ISI DULU YA * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.