BLOG

Menduniakan Tempeh

Dua hari yang lalu, saya pergi ke Shiga, daerah sekita Kyoto untuk yang kedua kalinya. Dan kali ini saya pun kembali bertemu dengan Pak Rustono, sang raja tempeh dari Kyoto. Penampilan beliau masih tetap sama, bersahaja dan rendah hati. Impian beliau pun masih tetap sama, menduniakan tempeh. Bedanya dengan beberapa bulan lalu, beberapa tahapan untuk meraih impian tersebut sudah terlewati. Ada dua hal yang saya pelajari dari Pak Rustono, yang pasti Anda pun ingin tahu bagaimana rahasia kesuksesan beliau sebagai produsen tempeh terbesar di Jepang dan sudah memiliki cabang di beberapa negara. Nah, berikut dua poin sharing saya dengan beliau:

1- Product Story

Pernahkah Anda berada di sebuah daerah lalu rekan Anda di daerah tersebut mengatakan, “Kau sudah di kota ini, tidak afdhol kalau belum mencicipi masakan di rumah makan A.” Boleh jadi masakan di rumah makan A tersebut ada di setiap sudut kota. Bisa jadi ada tempat yang menjual masakan tersebut lebih murah, namun kenapa masakan di rumah makan A seakan lebih bernilai dibanding masakan yang sama di rumah makan lain? Promosi? Tentu saja promosi penting untuk memajukan sebuah produk. Namun di sisi lain yang tidak kalah penting adalah product story. Kisah sebuah produk. Boleh jadi kisah perjuangan penjualnya, keunikan bahan-bahannya, history rumah makannya dan lain-lain.

Product story inilah yang menjadikan value produk Anda naik berkali-kali lipat. Contoh product story yang berhasil adalah Jepang dengan bunga sakura-nya, atau Kyoto dengan kuil emasnya. Ini membuat jutaan orang berbondong-bondong pergi ke Jepang untuk melihat sakura atau kuil emas. Anda pun bisa menambahkan product story dalam produk Anda. Product story inilah yang juga dimiliki oleh Tempeh Rusto. Perjuangannya dalam mendirikan pabrik, menjajakan tempeh dari satu tempat ke tempat lain hingga sekarang mulai mampu menduniakan tempeh. Product story inilah yang saya tambahkan dalam workshop Amazing Slide. Mulai dari kisah saya merintis pelatihan desain slide pertama di Indonesia, hingga pergi ke negeri sakura untuk belajar desain dengan pakar presentasi dunia. Nah, sekarang, apa product story Anda?

2- Jangan Rusak Proses Anda

Inilah salah satu pesan terdalam yang saya dapat dari Pak Rusto tentang kesuksesan. Sukses bukanlah apa yang kita raih, karena itu adalah efek samping dari kesuksesan. Sukses sejatinya adalah proses bagaimana menapaki step by step dalam meraih impian. Beliau menganggap selama ini mindset kita keliru tentang kesuksesan. Sebagian besar orang menganggap rumah mewah, mobil mahal adalah indikator kesuksesan. Beliau menyadari intisari kesuksesan sesungguhnya ketika di negeri sakura. Kesuksesan berarti melakukan apapun profesi kita dengan optimal. Setiap orang yang melakukan pekerjaannya dengan optimal, itulah orang sukses. Setiap orang yang optimal dalam bekerja, pasti karirnya jauh lebih cepat. Pertanyaannya, apakah kita mau bersabar dalam menjalani proses optimasi profesi itu? Beliau yakin, proses optimal pasti menghasilkan target yang optimal, karena proses tak pernah bohong.

Di sisi lain beliau berpesan untuk tidak merusak proses kesuksesan yang kita jalani. Apa saja yang bisa merusak proses kesuksesan? Beliau menyebut salah satunya adalah attitude atau sikap. Orang dengan mindset sukses selalu stay foolish, stay hungry (merasa lapar dan merasa bodoh) jika bertemu dengan ilmu baru. Karena itulah dirinya akan mudah menyerap ilmu dan akhirnya mudah berkembang. Sedangkan orang yang memiliki attitude buruk, tidaklah demikian. Dia selalu merasa lebih pintar dan lebih baik dibanding orang lain. Akibatnya ilmu sulit diserap dan sulit berkembang. Orang seperti ini produknya akan sulit memiliki value, produknya susah laku dan akhirnya mengecer produknya sendiri, karena skillnya tak pernah berkembang. Mengapa? Karena dia sudah merusak proses kesuksesannya sendiri dengan attitude yang buruk.

Selain itu, berhenti memiliki impian juga termasuk merusak proses kesuksesan. Ini juga merupakan attitude yang buruk karena sudah merasa sukses dan merasa cukup dengan keahlian yang dimiliki. Hati-hati, attitude seperti ini bisa menjerumuskan Anda.

Nah, itulah dua hal yang saya dapat dari sharing bersama raja tempeh Rustono. Semoga impian beliau untuk menduniakan tempeh lekas terkabul. Dan demikian pula dengan impian kita semua plus memiliki nilai yang tinggi dan proses kesuksesan yang benar.

Salam Amazing.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , ,

Post a comment