BLOG

Mendesain Warna terbaik untuk Presentasi

Pernahkah Anda melihat slide dengan warna yang tidak nyaman di mata? Atau pernahkah Anda melihat slide yang sulit dibedakan antara gambar latar belakang dengan tulisannya? Jika Anda pernah mengalaminya, saya berharap tulisan berikut bisa membantu Anda menentukan warna yang tepat untuk presentasi Anda.

Perlu kita ketahui, jika kita membuat slide presentasi, usahakan kita benar-benar mengetahui informasi sedetail mungkin tentang audiens yang kita hadapi. Apakah audiens kita orang tua, anak-anak, profesional, atau yang lainnya. Informasi ini kita gunakan sebagai pakem awal untuk menentukan warna dasar slide presentasi kita.

Warna terbaik dalam slide adalah warna yang kontras namun tetap lembut di mata. Warna ini dalam color wheel disebut dengan warna analog. Warna analog merupakan gradasi dari satu warna ke warna lain, misalnya gradasi dari warna hijau ke biru. Usahakan slide kita menggunakan warna tersebut. Pilih dua atau tiga warna di dalamnya, kemudian tempatkan secara gradatif di slide presentasi Anda. Jangan memilih warna di luar warna analog tersebut, karena akan mengacaukan keserasian warna slide Anda.

Untuk tulisan di slide, saya lebih suka jika Anda menggunakan warna netral, yaitu hitam dan putih. Jika latar belakang slide Anda cenderung gelap, maka pilihlah warna tulisan putih dan demikian sebaliknya. Warna pun bisa mempengaruhi hati audiens. Dalam color wheel disebutkan jika warna yang berada di antara merah, oranye dan kuning disebut warna panas, yang membuat audiens Anda bersemangat dan bergerak. Sedangkan warna yang berada di deretan hijau, biru dan ungu adalah warna dingin yang bersifat menentramkan dan menenangkan.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment