BLOG

Mendesain Slide Powerpoint dengan Cepat

Di lebih dari 20 workshop publik dan puluhan training inhouse yang pernah kami dampingi, di awal training selalu kami bagikan pre test kepada para peserta. Salah satu tujuannya adalah mengetahui hambatan terbesar dalam menggunakan software powerpoint untuk presentasi. Hasilnya, lebih dari 80% peserta training mengalami hambatan dalam waktu mendesain slide. Mereka merasa perlu untuk bisa mendesain slide powerpoint dengan cepat. Apalagi jika waktu presentasi mepet dengan waktu pembuatan slide. Nah, untuk itu di artikel ini, saya akan coba analisa mengapa seseorang lama membuat slide presentasi, sekaligus tips untuk mendesain slide powerpoint dengan cepat. Apa sajakah itu? Inilah analisa saya.

Ada 3 hal yang menghambat seseorang dalam membuat slide presentasi:

Pertama, Menentukan Alur Presentasi.

Untuk mendesain slide powerpoint dengan cepat, Anda harus mengetahui alur presentasi dengan baik. Menentukan pembuka, inti materi dan penutup dengan tertata. Supaya waktu Anda tidak terbuang percuma, bikinlah alur presentasi terlebih dahulu di lembar kertas. Kemudian ambil poin-poin pentingnya. Bagi menjadi 3 bagian, yaitu awal, tengah dan akhir presentasi. Nah, jika sudah, Anda tinggal mengurutkan poin-poin penting tadi pada masing-masing bagian. Entah itu di bagian awal, tengah atau akhir presentasi. Masing-masing poin bisa menjadi satu slide, tinggal diurutkan saja.

Kedua, Menentukan Desain Slide.

Tahap kedua inilah yang biasanya memakan waktu lebih lama dari yang lain. Bahkan di pre test kami, para peserta mengakui 80% lebih waktu mereka habis untuk mencari gambar yang cocok untuk slide presentasi. Nah, bagaimana solusinya? Bagi saya, supaya kita mudah untuk mendesain slide, kita harus membuat dulu sketsa desainnya, lalu dari sketsa tersebut, tentukan kata kunci yang cocok untuk dicari di sejumlah website melalui Google atau mesin pencari yang lain. Misal, jika Anda membuat slide tentang kesuksesan, lalu Anda membuat sketsa orang berdasi, maka coba search di Google kata kunci “businessman“.

Ketiga, Mengoptimasi Tampilan Slide.

Nah, tahap ketiga ini juga kadangkala membuat galau seorang presenter. Ketika gambar atau image yang pas sudah ketemu, mereka bingung mau diapakan. Apa mau diperbesar, dimiringkan atau diedit warnanya? Tulisan diletakkan dimana, supaya bisa mempengaruhi audiens dan sebagainya. Nah, untuk optimasi tampilan slide, silakan Anda sering-sering membaca situs-situs desain atau coba Anda cek hasil slide para pembicara kelas dunia. Ini bisa menjadi inspirasi untuk hasil desain slide Anda.

Nah, itulah tips mendesain slide powerpoint dengan cepat hasil analisa saya. Jika Anda masih kesulitan, Anda bisa mengikuti workshop Amazing Slide Presentation bersama saya maupun tim Kreasi Presentasi, atau mengundang kami dalam inhouse perusahaan atau institusi Anda. Dalam workshop ini, 3 masalah utama dari mendesain slide ini akan kita pecahkan sama-sama dengan 90% praktik.

Bagi Anda yang berada di negeri sakura pun bisa mengikuti workshop Amazing Slide Presentation di Nagoya pada Februari 2015. Bagi Anda yang bekerja di perusahaan Jpang, rekomendasikan pelatihan ini pada rekan Anda, acara ini juga terbuka bagi orang Jepang dan orang asing, karena sudah kami persiapkan penerjemah bahasa bagi mereka.

Salam Amazing.

Klik poster di bawah ini untuk mendapatkan/mendownload flyer full screen.

Amazing Slide Presentation bersama Pakar Slide Dhony Firmansyah di Nagoya, Jepang

 

TAGS > , , , , , , , , , , , ,

Post a comment