Mendesain Fokus dalam Slide

Seringkali kita kesulitan untuk menentukan bagaimana mendesain fokus dalam slide. Bahasa yang lebih mudah, bagaimana cara membuat audiens fokus terhadap sesuatu yang kita tampilkan di dalam slide, meskipun banyak hal lain yang tercantum di dalam slide. Nah, di dalam buku Presentation Zen Design second edition, Garr Reynolds mengatakan bahwa salah satu hal terbaik dalam mendesain fokus di dalam slide adalah membuat kontras. Membuat sebuah pembeda antara hal yang ingin kita fokuskan dengan hal lainnya di dalam slide.

Menurut Garr Reynolds ada 6 macam kontras yang bisa kita gunakan untuk mendesain fokus di dalam slide. Saya sendiri menggunakan 5 macam kontras dengan menggabungan value dan warna.

1-Kontras dalam Ukuran

Kontras dalam ukuran artinya membuat salah satu variabel yang kita fokuskan memiliki ukuran yang berbeda dibanding lainnya. Berikut contoh skemanya:

2-Kontras dalam Bentuk

Kontras dalam bentuk berarti membedakan hal yang ingin kita fokuskan dengan bentuk yang berbeda dibanding yang lain. Berikut dalam contoh visualisasinya:

3-Kontras dalam Orientasi

Kontras dalam orientasi berarti membuat obyek fokus berbeda arah, atau letak dibanding yang lain. Berikut contohnya:

4-Kontras dalam Posisi

Kontras dalam posisi artinya menempatkan obyek fokus pada posisi yang berbeda, misal tidak sejajar atau berkebalikan dengan yang lain.

5-Kontras dalam Nilai dan Warna

Kontras dalam nilai dan warna artinya menempatkan sesuatu yang difokuskan dalam slide berbeda nilai atau warna. Berikut contohnya:

Itulah tips mendesain fokus dalam slide, semoga manfaat.

Salam Amazing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ISI DULU YA * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.