Mencegah Peserta Mengantuk Saat Presentasi

Presentasi yang berdurasi panjang membuat presenter harus memiliki banyak cara dan upaya untu membuat audiens tetap semangat sepanjang materi presentasi tersampai. nah, pada tips presentasi berikut, saya akan mencoba mengungkap langkah-langkah mencegah peserta mengantuk saat presentasi. Tips ini akan sangat bermanfaat bagi Anda yang seringkali menyampaikan presentasi dengan durasi lama, atau saat-saat rawan kantuk menyerang seperti setelah jam makan siang, setelah jam 3 sore atau seusai jam 19 malam.

Nah, berikut adalah tips mencegah peserta mengantuk saat presentasi, apa saja yang harus dilakukan? Simak tips presentasi berikut:

1- Buka dan selingi presentasi dengan joke segar

Saat presentasi Anda berdurasi panjang, cara paling efektif untuk mencegah peserta mengantuk saat presentasi adalah tidak langsung masuk ke materi presentasi. Awali dengan joke atau gurauan segar. Coba baca-baca bermacam jokes yang bisa Anda temukan di Google. Oya.. tapi ingat, gurauan Anda tidak boleh menyinggung SARA ataupun membully audiens. Berikut adalah tips gurauan saat presentasi yang pernah saya posting di Youtube. Silakan klik gambar berikut untuk memutar videonya:

2- Perbanyak aktifitas audiens

Rasa kantuk akan kian besar saat audiens hanya pasif dan diam saat mendengar presentasi Anda. Maka tips mencegah peserta mengantuk saat presentasi adalah memperbanyak aktifitas audiens. Cara pertama bisa dengan games atau permainan yang dilakukan bersama, kemudian ditutup dengan hikmah yang bisa didapat dalam permainan tersebut yang berkaitan dengan materi presentasi.

Cara kedua bisa dengan diskusi atau workgroup antar sesama audiens. Ini meminimalisir peran presenter dan tentu audiens akan lebih banyak aktifitas karena bertemu dengan rekan-rekan baru.

Dan cara ketiga bisa dengan workshop atau penugasan yang diberikan baik secara individu atau berkelompok. Sama seperti yang saya lakukan di pelatihan Amazing Slide, dimana peserta langsung mempraktikkan teknik membuat slide profesional (Amazing Slide Presentation) dan infografis (Amazing Slide Infographic).

Workshop bersama Bank Indonesia hingga jam 23.00 WIB

3- Beri tanya jawab dan rewards

Setiap orang suka hadiah, maka dari sini ketertarikan audiens bisa kita bangkitkan dengan memberi rewards pada mereka. Tentu, untuk mendapatkan rewards, audiens harus melakukan sesuatu yang berhubungan dengan materi presentasi, bisa dengan menjawab pertanyaan seputar materi, memberikan hasil yang terbaik dalam diskusi maupun workshop ataupun menerima tantangan dari presenter. Aktifitas ini akan membangkitkan semangat audiens sehingga tetap terjaga saat presentasi disampaikan.

Antusiasme audiens akan tampak dari raut wajah mereka.

4- Seringlah berkeliling mendekat pada audiens

Tunjukkan bahwa Anda peduli dengan audiens dengan sering berkeliling dan mendekat pada mereka. Mendekat bukan untuk basa-basi, namun mendekat dengan penuh arti. Dekati audiens dan berikanlah perhatian yang lebih pada mereka. Misalnya menanyakan apa ada materi yang belum dipahami, mencoba menyelesaikan masalah mereka jika presentasi Anda berbentuk workshop ataupun mencoba bergabung dalam diskusi audiens sebagai seorang moderator sesaat. Kedekatan Anda akan membangun rasa percaya peserta dan meminimalisir rasa kantuk audiens.

Dalam Workshop Amazing Slide, kami mendampingi peserta dan melakukan asistensi (pic: Workshop di Kementerian Agama RI).

5- Bantu presentasi Anda dengan slide yang visual

Slide Anda berpengaruh besar dalam antusiasme audiens. Andai slide Anda penuhd engan teks, teori dan definisi yang berat, tentu audiens akan merasa berat menerima pemaparan materi Anda, apalagi di jam-jam rawan kantuk menyerang. Oleh karena itu visualisasi slide yang eyecatching dan mudah dipahami akan membuat audiens lebih bersemangat mengikuti materi.

Workshop Amazing Slide di PT Astra Honda Motor

Nah, itulah tips presentasi dari saya tentang agaimana mencegah peserta mengantuk saat presentasi. Semoga tips ini bermanfaat bagi Anda. Silakan simak tips lainnya di web saya ini.

Salam Amazing.

Klik untuk pesan buku Amazing Slide Infographic

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ISI DULU YA * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.