BLOG

Membuat Videografis dengan Powerpoint

Bagi Anda yang ingin membuat videografis dengan Powerpoint, saya menyarankan dua hal kepada Anda sebelum kita mengetahui bagaimana caranya. Pertama, update software Anda ke Powerpoint 2013 atau 2016 atau Office 365. Mengapa? Karena Powerpoint terbaru memiliki fitur dan tools yang lebih canggih dibanding Powerpoint versi sebelumnya. Kedua, Anda wajib mempelajari dulu teknik dasar animasi dan transisi slide presentasi sebelum Anda membuat videografis dengan Powerpoint. Mengapa? Karena videografis berkutat dengan detailnya animasi serta transisi. Pengetahuan dasar tentang animasi dan transisi mutlak diperlukan supaya hasil videografis memiliki animasi yang cukup dan memukau, bukan lebay dan berlebihan.

Nah, untuk mempelajari teknik dasar animasi dan transisi ini, saya mengajak Anda untuk mengikuti workshop slide profesional, Amazing Slide Presentation yang akan dilaksanakan tanggal 8 hingga 9 September 2018 di Jakarta. Silakan klik gambar berikut untuk mengisi form pendaftarannya:

Lalu, bagaimana dengan cara membuat videografis dengan Powerpoint? Begini, untuk menjawabnya dengan detail, saya sarankan Anda memiliki buku Amazing Slide Videographic yang berisi panduan lengkap animasi & motion infographic. Buku tersebut berisi langkah-langkah konkrit cara membuat videografis dengan Powerpoint. Di artikel ini, saya akan menjelaskan secara garis besar urutan membuat videografis dengan Powerpoint, yaitu:

1- Draft Dulu baru Desain

Di awal membuat videografis dengan Powerpoint, saya menyarankan Anda untuk mengikuti langkah-langkah desainer dunia yang sudah terbukti hasilnya. Dalam buku “Informotion” disebutkan bahwa setiap desainer mengawali desainnya dengan goresan tangan, dengan gambar dan kata-kata yang ditulis. Dengan cara itu seorang desainer tidak kehabisan momentum untuk mewujudkan ide mereka. Ketika mereka mengingat sebuah ide, langsung mereka tuangkan dalam bentuk tulisan. Ide ini disebut sebagai draft, rancangan atau gagasan.

Apa saja yang kita tampilkan di draft videografis? Mudahnya, kita membuat layout atau lapang pandang videografis tersebut. Dimana letak teksnya, image-nya, dan bagaimana rencana animasinya. Tidak perlu gambar yang bagus, seadanya saja, cukup Anda saja yang tahu maknanya. Berikut contoh sketsa.

2- Reduksi Kalimat

Sebelum membuat videografis dengan Powerpoint, tentu Anda memiliki naskah utama yang menjadi panduan. Entah dalam bentuk artikel, laporan, proposal ataupun bentuk tertulis lainnya. Pastinya Anda tidak akan memasukkan semua teks ke dalam videografis Anda. Kita perlu mereduksi atau mengurangi kata-kata yang bukan merupakan esensi utama. Dalam videografis, Anda cukup memasukkan kata-kata kunci yang jadi bahasan pokok. Lalu menggabungkannya menjadi sebuah story. Berikut contohnya tampilan videografis dengan kata-kata kunci.

3- Edit Gambar dan Teks

Dalam membuat videografis dengan Powerpoint, setelah Anda membuat layout dan mereduksi kalimat. Maka sekarang saatnya Anda membuka laptop dan mencari resource yang diperlukan. Entah itu gambar, icon, clipart hingga berbagai jenis font. Menggabungkan semuanya ke dalam Powerpoint dan mendesainnya. Jika Anda merasa kesulitan dalam mendesain slide presentasi, Anda bisa ikut event Amazing Slide Presentation dengan mengklik gambar flyer di atas, atau hubungi Mbak Ayu di 08123 271 6030.

4- Animasikan

Usai menggabungkan semua komponen di dalam slide, animasikan image, font dan transisikan slide Powerpoint Anda. Usahakan animasi tersebut tidak lebay dan masuk akal. Berikut contoh videonya.

5- Tambah Narasi dan Audio

Yang terakhir, Anda bisa menambahkan narasi dan audio. Narasi bisa menggunakan suara Anda sendiri, kemudian direkam dan dimasukkan ke dalam videografis Anda. Sedangkan untuk audio atau musik background, saya sarankan Anda menggunakan musik instrumental tanpa lirik, untuk memudahkan audiens menerima pesan tanpa distraksi dari lirik musik.

Nah, itulah 5 tips dari saya untuk membuat videografis dengan Powerpoint. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Oya… sekali lagi saya rekomendasikan buku Amazing Slide Videographic sebagai bacaan utama Anda untuk mengetahui lebih detail step by step membuat videografis dengan Powerpoint. Sebelum 17 Agustus 2018, kami masih membuka Pre Order dengan harga Rp. 100 ribu rupiah saja, dari harga asli sekitar 140 ribuan. Silakan hubungi Mbak Ayu di 08123 271 6030 atau klik gambar di bawah ini untuk pemesanan.

Salam Amazing.

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment