Membuat Slide yang Bagus

Pertanyaan yang paling sering saya temui dalam workshop slide profesional Amazing Slide adalah bagaimana slide yang bagus itu? Apa ciri-cirinya? Dan bagaimana membuat slide yang bagus desainnya? Hehe… pertanyaannya cukup singkat, namun jawabannya agak panjang.. Nah jika Anda ingin tahu bagaimana membuat slide yang bagus, maka monggo silakan baca artikel ini sampai tuntas ya.

Oke.. pertama saya ingin menjelaskan pada Anda, desain yang bagus atau desain yang buruk itu relatif. mungkin satu bentuk desain cocok untuk satu orang namun tidak pas untuk orang lain. Mungkin yang satu suka, yang lain tidak. Guru saya Garr Reynolds menjelaskan, alangkah baiknya pembahasan bagus dan buruk itu kita ganti dengan “pantas” atau “tidak pantas” atau “cocok” dan “tidak cocok”. Dua istilah ini, “pantas” atau “tidak pantas” bisa lebih diterima dalam pembahasan desain, daripada kukuh pada pendirian ini bagus atau ini buruk.

Misal, huruf “Comic Sans” secara desain oke, tidak ada masalah. Dipakai untuk visualisasi sldie dalam presentasi juga no problem. Akan tetapi, dengan karakter huruf yang cenderung cute, childish dan berlekuk-lekuk, seorang presenter profesional akan tidak nyaman menyampaikan materi dengan huruf ini apalagi di sebuah forum resmi. Hurufnya oke, namun penggunaannya di forum bisnis dan profesional “tidak cocok”. Berbeda halnya jika huruf “Comic Sans” dipakai dalam forum anak remaja setingkat SMP atau SMA. Tentu audiens mudah menerima karena huruf tersebut “pantas” untuk seusia mereka.

Presentasi Steve Jobs (Launching IPod, 2001) dikritik karena menggunakan huruf Comic Sans.

Kedua, audiens adalah raja. Anda presentasi untuk kepuasan mereka. Jika Anda ingin membuat slide yang bagus, maka sesuaikan dengan kebutuhan audiens. Misalnya, jika Anda ingin menginspirasi audiens, memotivasi mereka hingga menyentuh perasaan penonton, maka gunakan slide dengan big image, gambar yang full screen dan tidak terlalu banyak teks. Perbanyaklah bercerita dan aduk emosi mereka.

Sebaliknya, jika Anda harus menyampaikan laporan bulanan perusahaan yang penuh data, maka tampilkanlah informasi yang dibutuhkan oleh audiens. Semua tergantung tujuan presentasi Anda. Utamakan audiens, bukan kepuasan pribadi Anda.

Infografis, salah stau solusi visualisasi data di slide presentasi.

Ketiga, membuat slide yang bagus dalam arti pantas dan sesuai untuk audiens, membutuhkan latihan dan kesungguhan. Apalagi jika profesi Anda langsung berhubungan dengan slide Powerpoint seperti dosen, guru, marketing, manager, supervisor, sales, trainer bahkan pelajar dan mahasiswa sekalipun. Dengan berlatih maka sense design Anda akan kian tajam. Mungkin hampir sama dengan pembalap, semakin dilatih sense mengemudinya kian tajam, tahu kapan harus mengakselerasi, kapan harus menyalip dari kanan atau kiri, kapan harus sabar di belakang pembalap lain.

Mengapa membuat slide yang bagus perlu dilatih, ya… karena design is skill. Desain adalah keahlian. Setiap yang hali dulunya adalah pemula. Pembelajaran dan pengalaman lah yang membuatnya menjadi seorang expert. Demikian juga Anda, jika Anda ingin memiliki slide yang bagus maka berlatihlah. Luangkan waktu Anda tiap hari untuk mengasah kemampuan slide presentasi, sehingga efektif untuk audiens.

Saya dan tim Kreasi Presentasi pun siap membantu Anda untuk melejitkan skill desain slide presentasi. Anda bisa mengikuti workshop slide presentasi profesional Amazing Slide 11 & 12 Februari 2017 di Hotel Mercure Darmo Surabaya. Informasi dan pendaftaran silakan menghubungi Mbak Indraswari di 08123 271 6030.

Moga artikel ini bermanfaat dan sampai ketemu di workshop Amazing Slide.

Salam Amazing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ISI DULU YA * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.