Membuat Diagram untuk Slide Presentasi

Salah satu bentuk visualisasi data adalah diagram. Diagram merupakan bentuk tampilan dari sebuah urutan atau proses. Urutan yang saya maksud bisa berupa angka, misalnya 1, 2, 3, 4 dan seterusnya. Atau bisa juga dalam bentuk urutan huruf, seperti a, b, c, d dan seterusnya. Diagram bisa menjadi solusi untuk Anda yang sering menggunakan bullet point di dalam slide presentasi.  Usul saya, usahakan Anda mengganti bullet point dengan urutan a, b, c, d atau 1, 2, 3, 4. Dengan mengganti urutan, maka audiens akan lebih mudah memahami materi presentasi Anda. Cara berpikir audiens juga akan lebih terstruktur.

Lalu, bagaimanakah tips membuat diagram untuk slide presentasi? Berikut adalah 4 tips dari Info Diagram untuk memudahkan Anda membuat diagram sebagai ganti dari bullet point Anda. Berikut tipsnya:

1- Mengubah Urutan Bullet Point dan Mengganti Visualnya

Sebaik apapun tampilan bullet point Anda, tidak akan mampu menggantikan uniknya diagram sebagai salah satu alternatif bentuk visualisasinya. Mulailah mengubah urutan bullet point lalu mencoba mencari inspirasi di searching engine internet. Anda akan mendapatkan banyak sekali ide. Berikut salah satu contohnya:

2- Menampilkan Diagram dengan SmartArt

Tips kedua dalam membuat diagram untuk slide presentasi adalah, jika Anda kesulitan untuk mendapatkan inspirasi yang pas via search engine seperti Google atau Bing, Anda bisa menggunakan fitur Smart Art di Powerpoint sebagai solusi alternatif. Di fitur Smart Art, Anda akan menemukan banyak variasi diagram, mulai dari yang linear, sirkuler hingga diagram struktur organisasi.

Setelah Anda menggunakan Smart Art, Anda bisa mengubah bentuk garis diagram maupun shapes yang ada di dalamnya. Dengan mengubah bentuk diagram menjadi tidak umum, maka audiens akan lebih terpacu untuk melihat data Anda.

3- Mengubah Data Mentah menjadi Diagram

Tips selanjutnya adalah mengubah tampilan tabel menjadi tampilan diagram yang eyecatching. Kita semua tahu kalau tabel adalah data mentah. Data yang ditampilkan apa adanya. Nah, untuk visualisasi tabel menjadi diagram coba ikuti langkah berikut:

  • Pertama, ilustrasikan konten tabel dengan ikon.
  • Kedua, tampilkan dan bedakan nomor dengan warna.
  • Berikut adalah contohnya, sekaligus visualisasi tabel yang digabung dengan diagram.

4- Tetap Tampilkan Simpulan Slide sehingga Pesan Mudah Ditangkap

Kadangkala meskipun data ditampilkan dengan lengkap, audiens bisa jadi menangkap pesan berbeda di data yang ditunjukkan. Oleh karena itu tips membuat diagram untuk slide presentasi berikutnya adalah, tetap menampilkan simpulan data yang ditunjukkan di slide. Simpulan data meminimalisir kesalahan penangkapan pesan oleh audiens.

Berikut contohnya:

Salah satu langkah untuk membuat visualisasi diagram lebih menarik lainnya adalah dengan mempelajari infografis. Anda pun bisa belajar bareng saya dan tim Kreasi Presentasi di Workshop Infografis Amazing Slide Infographic, pelatihan yang sudah dilaksanakan di ratusan perusahaan, BUMN dan Kementerian dengan ribuan peserta. Anda pun bisa berpartisipasi dengan menghubungi Bu Isti di 0857 3333 0407.

Nah, itulah tips membuat diagram untuk slide presentasi Powerpoint semoga bisa bermanfaat untuk presentasi dan media Powerpoint Anda.

Salam Amazing.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ISI DULU YA * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.