Memanusiakan Data

Pelatihan Infografis, Videografis & Visualisasi Data, CP: 0857 3333 0407.

Memanusiakan Data

Bagi Anda yang sering presentasi dengan data, pasti memahami betapa beratnya menjelaskan konsep data, mengambil hal-hal penting di dalamnya, hingga mendapatkan simpulan data. Nah, tulisan saya hari ini sepertinya pas dengan Anda. Yaitu tentang bagaimana cara memanusiakan data. Inspirasinya saya ambil dari presentasi SanDisk. Sebuah perusahaan produk penyimpanan digital, seperti flashdisk dan memory card. Saya berharap dengan contoh konkrit dari perusahaan ternama, Anda bisa mempraktikkannya dalam presentasi Anda. Berikut adalah kisahnya.

SanDisk Investor Day adalah event tahunan SanDisk yang dihadiri oleh puluhan investor penyandang dana perusahaan mereka. Event ini diadakan untuk memikat hati para calon investor untuk mnjadi rekan kerja SanDisk. Nah, kita pasti tahu bahwa salah satu tingkatan audiens presentasi yang paling sulit adalah investor. Karena mereka memiliki waktu yang sedikit, namun hanya fokus pada data, cashflow dan profit saja.

Membuat investor tertarik bukan hal mudah. Presentasi di depan investor perlu teknik tersendiri. Dalam waktu yang pendek, Anda harus meyakinkan mereka untuk berinvestasi di perusahaan Anda. Menariknya, Carmine Gallo mengabadikan presentasi SanDisk ini dalam buku Talk Like TED. Gallo menyebutkan, di acara itu salah satu Vice President SanDisk menampilkan presentasi berbeda.

Biasanya seorang pemilik perusahaan akan memperlihatkan profil perusahaannya, produk unggulan hingga profit dan benefit menjadi investor, namun Vice President ini berbeda. Dia tidak menayangkan profil SanDisk sebagai perusahaan ternama, dia malah bercerita tentang pribadinya yang hobi kesehariannya, fotografi.

Dia mengatakan punya 80.000 koleksi foto keluarga. Dan dia hanya menyimpan file tersebut di memory card buatan SanDisk. Mengapa? Karena dia mengerti betul bagaimana proses pembuatan memory card SanDisk serta durability-nya. Sang Vice President pun menampilkan puluhan hasil jepretannya, foto panoramik. Foto panoramik adalah foto dengan lebar melebihi foto biasa. Kecerahan dan tingkat detailnya lebih tinggi dari foto pada umumnya.

Dia mengatakan, foto panoramik memiliki ukuran 10x dari foto biasa. Sangat berharga. Jika tidak di save dalam tempat penyimpanan berkualitas tinggi, file tak ternilai akan hilang begitu saja. Bagi seorang fotografer, foto bagaikan nyawanya. Dirinya akan kehilangan mata pencahariannya. Bukan hanya itu, orang-orang kehilangan momen berharganya. Keluarga akan kehilangan peristiwa-peristiwa tak ternilai, seperti pernikahan, kelahiran buah hati, ulang tahun, tamasya bersama ataupun foto bersama keluarga besar. Karena itulah Sang Vice President yakin akan prospek SanDisk di masa depan. SanDisk akan menjadi brand penyimpanan digital terbaik di dunia.

Presentasi tersebut memukau para investor. Sang Vice President mampu memainkan emosi audiens dan menariknya, hingga mau berinvestasi di SanDisk. Sang Vice President membuktikan bahwa data itu penting, namun kisah di balik data melengkapi kesempurnaan data. Dirinya mengerti bahwa setiap orang suka story telling. Dia pun mengubah story telling itu menjadi story selling. Oya, kami pun ada kelas online Story Selling, silakan klik link berikut untuk pendaftarannya.

Presentasi inilah yang disebut dengan memanusiakan data. Data tidak hanya ditampilkan dalam tabel, grafik, atau pie chart, tetapi menceritakan latar belakang, kisah hingga insight dari data. Data memang fix. Datar. Flat. Namun jika dilakukan pendekatan dengan insight & story, data seakan memiliki nyawa yang sangat bernilai untuk dikaji dan ditindaklanjuti. Akhirnya, tujuan presentasi Anda pun tercapai dengan mulus.

Anda bisa membaca kisah Vice President SanDisk ini dalam buku saya Amazing Slide Infographic. Anda pun juga akan mendapat tips dan teknik menyusun infografis dan visualisasi data sehingga Anda pun mampu memanusiakan data. Silakan memesan Buku Amazing Slide Infographic ke Ayu 08123 271 6030 atau dengan mengklik gambar berikut.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk presentasi Anda.

Salam Amazing.

 

TAGS > , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment