BLOG

Manfaat Lupa

Saya termasuk orang yang percaya bahwa setiap ciptaan Tuhan punya manfaat dan hikmah. Apapun itu. Baik positif maupun negatif. Salah satu ciptaan Tuhan adalah hilangnya ingatan manusia terhadap sesuatu. Atau yang biasa disebut dengan lupa.

Lho, apakah lupa bermanfaat? Iya, ada manfaatnya. Memang jika Anda berpikir sejenak, lupa adalah sesuatu yang tidak menyenangkan. Anda bisa membayangkan jika Anda lupa dengan nama Anda. Lupa terhadap alamat rumah. Bahkan lupa siapa suami dan istri. Waduh, pasti heboh. Hehe.

Lalu apa itu lupa? Dan seperti apa manfaatnya? Lupa dalam diri manusia secara Biologis bisa dibagi menjadi dua. Yang pertama adalah lupa karena gagalnya impuls saraf menjangkau bagian dari memori yang ada dalam otak kita. Ini bisa terjadi pada siapa saja. Anda yang lupa nomor hp rekan, atau lupa angkat jemuran, adalah dua contoh kasus yang biasanya terjadi. Sedangkan lupa kategori dua adalah karena menurunnya kemampuan impuls saraf akibat usia manusia. Ini biasanya terjadi pada lansia. Umumnya disebut dengan gejala pikun.

Untuk lupa jenis yang pertama, bisa dihindari dengan mendata ulang aktivitas Anda hari ini. Mencatat segala yang penting. Atau menghapalkan rutinitas yang harus dijalani. Inilah manfaat lupa. Anda diingatkan untuk mendokumentasikan hal-hal yang penting. Selain itu, lupa jenis yang pertama juga mengingatkan kita bahwa, gagalnya impuls saraf menjangkau memori kita akibat kurangnya nutrisi pada makanan yang kita konsumsi. Sehingga kita harus membiasakan diri mengkonsumsi makanan berprotein tinggi, untuk menunjang daya ingat kita, seperti ikan laut.

Sedang untuk lupa jenis kedua, nampaknya akan sulit untuk dihindari. Karena menurunnya kemampuan manusia secara fisik maupun mental. Sel-sel manusia pun sudah menua, demikian juga sel saraf dan sistem sarafnya. Lupa jenis yang kedua mengingatkan kita untuk makin dekat pada Tuhan. Semakin bermanfaat bagi sesama.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , ,

Post a comment