BLOG

Malu Menjadi Plagiator

Setelah 3 hari saya berada di Bogor untuk membantu rekan-rekan Akademi Trainer dan Pak Jamil Azzaini di acara Trainer Bootcamp and Contest (TBnC) batch 13, maka hari ini saatnya saya kembali ke Surabaya. Ada banyak kenangan dan kesan positif di acara TBnC, diantaranya anggota kelompok saya berhasil menjuarai acara tersebut, bertumbuhnya para trainer dengan luar biasa dan kebersamaan yang saya yakin tak terlupakan di waktu yang lama. TBnC memang Amazing. Hanya saja di tulisan ini saya  akan sharing tentang diskusi saya dengan Pak Jamil sehari sebelum acara TBnC digelar. Salah satu diskusi tersebut adalah malu menjadi plagiator.

Sejak tahun 2012, saya merintis pelatihan Amazing Slide Presentation, pelatihan desain slide Powerpoint pertama di Indonesia yang berhasil membina ribuan orang dan sudah diinhouse-kan di berbagai perusahaan. Visi saya, empower presentation skill with amazing slide. Saya ingin setiap orang yang saya temui, berubah mindset dan meningkat skill presentasinya melalui desain slide memukau, sehingga presentasinya mampu menginspirasi dan mengubah orang lain menjadi lebih baik.

Saya tahu, tak mungkin berjuang sendirian untuk menginspirasi ratusan juta orang, karena terbatasnya waktu, tenaga dan modal, saya pun mengkader belasan associate trainer, yang akan membantu saya menginspirasi Indonesia. Saya dan associate memiliki perjanjian hitam di atas putih, yang menentukan hak dan kewajiban masing-masing secara profesional. Saya pun melatih mereka, dan mereka membantu saya untuk memberikan inspirasi dan skill melalui slide presentasi memukau. Hanya trainer dan associate lah yang berhak menyampaikan materi Amazing Slide, selain karena ada perjanjian profesional, juga untuk menjaga kualitas pelatihan Amazing Slide Presentation.

Materi Amazing Slide adalah materi orisinil berhak cipta milik Kreasi Presentasi. Saya mendesain materi ini lebih dari 3 bulan. Saya tidak pernah meng-copasnya dari siapapun. Jika ada yang pernah menyebut bahwa Amazing Slide saya ambil dari materi Garr Reynolds, ketahuilah, Garr Reynolds tidak pernah punya pelatihan slide presentasi. Silakan Anda bertanya sendiri pada beliau. Amazing Slide orisinil milik Indonesia, bukan duplikasi, bukan copas.

Namun sayangnya, ada beberapa orang yang tidak bertanggung jawab, bukan associate dan tidak memiliki perjanjian dengan Kreasi Presentasi (perusahaan saya) meng-copas dan menyampaikan materi Amazing Slide, menggunakan nama saya sebagai gurunya, namun tidak izin dengan saya. Padahal mereka tahu, hal seperti ini tidak ber-integritas dan tak ber-etika. Beberapa kali saya dan tim mengontak mereka, namun sepertinya teguran saya tak ditanggapi. Sepertinya etika kalah dengan kepentingan bisnis dan uang.

Pak Jamil menyampaikan pada saya, “Mas Dhony tetap harus mengingatkan mereka. Karena yang mereka lakukan itu salah dan dilarang dalam agama. Bisa jadi rezeki mereka tidak berkah, padahal dengan rezeki itu mereka memberi nafkah keluarganya. Mas Dhony rela saudara seagama, seprofesi memberi nafkah keluarganya dengan cara yang salah? Memang rezeki sudah ditentukan Tuhan, dan justru itu Mas Dhony harus terus mengingatkan. Kalau mereka harus meninggalkan tindakannya yang tak berintegritas itu, dan mencoba menemukan materi baru untuk pelatihannya. Jangan sampai rekan kita melakukan profesi dan jual beli yang dilarang agama.

Saya pun seringkali mengingatkan staf saya untuk tidak meng-copas email satu ke email lain, apalagi surat resmi ke perusahaan dan klien. Karena hal ini menunjukkan kita tidak sungguh-sungguh mengusahakan sesuatu dan menunjukkan rendahnya integritas. Oleh karena itu, melalui tulisan ini, saya kembali mengingatkan kepada mereka yang merasa meng-copas materi Amazing Slide tanpa izin dan menjadikannya produk pelatihan atas nama sendiri, Anda harus malu menjadi plagiator lalu meminta maaf kepada klien Anda karena menggunakan materi yang bukan milik Anda.

Semoga Tuhan membuka pintu hati kita, dan selalu memberi kita rezeki dengan cara yang berkah dengan malu menjadi plagiator.

Salam Amazing.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , ,

Post a comment