BLOG

Makin Tinggi, Makin Kencang

Beberapa hari yang lalu, hujan disertai angin kencang menerjang Jakarta. Puluhan pohon tumbang, bahkan ada sejumlah pohon yang tercerabut hingga ke akarnya. Beberapa kendaraan pun tertimpa pohon. Saking kuatnya angin, BMKG mencatat bahwa kekuatan angin di kota megapolitan itu sekitar 60 km per jam. Yang lebih mengejutkan, BMKG mengatakan, hujan angin ini bukanlah puncak cuaca ekstrim di Jakarta. Di bulan Januari dan Februari, menurut prediksi angin malah kian kencang.

Ada yang menduga, pohon-pohon yang tumbang selain karena faktor usia, juga karena dipaprasnya akar pohon oleh manusia untuk trotoar dan pelebaran jalan. Akhirnya, akar yang semestinya mampu menopang beban tajuk pohon, tak sanggup menahan beban dan tekanan angin yang sangat berat.

Kalau boleh saya bandingkan, kesuksesan manusia ibarat pohon yang tumbuh dan berkembang. Ketika keahlian manusia dan karirnya makin ke atas, angin yang menerpa akan kian kencang. Semakin ke atas, makin berat pula gaya gravitasi yang akan dilawan. Kian berat juga tajuk tanaman berupa daun cabang, dan ranting yang akan disangga.

Orang yang memiliki satu perusahaan, akan berbeda ujiannya dengan orang yang mempunyai ratusan anak perusahaan. Makin tinggi, makin kencang. Orang yang duduk di jabatan direksi, berbeda tanggung jawabnya dengan seorang management trainee, karena keputusannya berpengaruh pada hajat hidup orang banyak.

Manusia yang tahan terhadap angin kencang, seperti ancaman PHK, kebangkrutan, fitnah rekan dalam perusahaan, maupun cemoohan atasan, akan makin kuat untuk tumbuh dan berkembang. Bahkan ketika dirinya mampu bangkit kembali dari keadaan yang serba ekstrim, maka dipastikan akan bisa tumbuh lebih kuat dari sebelumnya. Orang-orang seperti ini pasti tampak tegar di tengah ujian. Ibarat pohon, orang seperti ini memiliki akar yang kuat menancap ke tanah. Dalam hidup manusia, akar ini bernama prinsip kehidupan.

Nah, supaya Anda tetap kuat dalam menjalani profesi, karir dan siap menghadapi segala resikonya, maka kuatkan prinsip hidup Anda.  Kokohkan keyakinan Anda. Apa contoh prinsip hidup itu? Misalnya, Anda memiliki keyakinan bahwa saya tidak akan memberikan nafkah yang haram bagi keluarga. Maka setiap transaksi yang mendorong Anda untuk mengambil uang yang bukan hak Anda harus dijauhi.Pegang terus prinsip ini, karena inilah yang membuat akar pohon karir Anda tetap kuat dan kokoh.

Justru ketika Anda membiarkan prinsip hidup Anda berubah-ubah dan mudah terpengaruh oleh kanan kiri Anda, maka keyakinan Anda akan makin lemah. Ibarat akar pohon yang dipapras. Yang akhirnya mudah tumbang oleh angin kencang cobaan hidup.

Maka peganglah prinsip hidup Anda, sekencang apapun anginnya, Anda akan tetap kokoh berdiri. Karena makin tinggi, makin kencang.

Salam Amazing.

TAGS > , , , , , , , , , , , , ,

Post a comment