BLOG

Luaskan Hati

Setiap manusia pasti menghadapi masalah dalam hidup. Demikian pula Anda dan saya. Untuk menyelesaikan, kita harus menghadapinya. Meski itu pahit untuk dirasakan. Sebagai inspirasi, ada sebuah kisah yang pernah diceritakan oleh guru inspirasi saya. Kisah ini selalu saya ingat ketika saya berhadapan dengan masalah.

Seorang santri mengadu pada gurunya. Santri tersebut mencoba curhat tentang berbagai problem hidup yang dialami. Sang murid merasa sangat terbebani oleh bermacam masalah yang silih berganti dalam hidup dan keluarganya.

Guru, saya tidak kuat Guru. Masalah dalam hidup saya sudah terlalu berat. Tolong saya Guru…

Sang Guru mencoba tenang. Dia hanya tersenyum. Dirinya lalu meminta sang santri untuk mengambil segelas air. Tak lama kemudian, muridnya pun kembali menemuinya.

Ini Guru airnya.” Ujar sang santri.

Sang Guru berkata, “Nah, sekarang ambil dua genggam garam di dapur.” Ujar sang guru. Dengan wajah penuh penasaran, sang murid pun mengambil garam di dapur. Tak lama kemudian, murid tersebut kembali ke hadapan gurunya dengan dua genggaman garam.

Sang Guru berujar, “Masukkan salah satu genggaman garam yang telah kau ambil ke dalam gelas yang berisi air ini.”

Sang murid mengikuti perintah Guru. Meski penuh dengan tanda tanya. Apa yang dimaksudkan oleh gurunya? Ujarnya dalam hati.

Setelah garam dimasukkan ke dalam gelas berisi air, Sang Guru pun mengaduknya. Dia meminta sang murid untuk meminum air dalam gelas.

Bagaimana rasanya?” Tanya Guru.

Asin sekali guru, saya sampai merasa mual saat meminumnya.”

Ha..ha…ha… Ya pasti asin.” Sang Guru tertawa lebar mendengar tanggapan murid kesayangannya itu. Sedang sang murid tersenyum kecut.

Selang beberapa saat, Sang Guru mengajak muridnya untuk ikut berjalan bersamanya. Sang murid mengikutinya, dengan masih membawa satu genggaman garam.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , , , ,

  • risma

    meluaskan hati itu seperti apa ya mas?kalo qt ditimpa masalah yang membuat hati qt sakit dan terasa berat bagaimana qt menyikapinya??agar terasa ringan terkadang qt tidak memfokuskan pikiran qt pada masalah ittu,,apakah seperti itu?

    Reply
    • Dhony Firmansyah

      Hehe… 3F Forgive (maafkan), Forget (lupakan) dan Forward (terus maju ke depan), krn hidup terus berjalan.

      Reply
  • Princess Amanda @Princess_Coach9

    Semangat tiap hari berlatih meluaskan hati….
    Nikmat dan indah hidup dengan menjadi pribadi tuntas dan pemaaf…hati pun akan luas dan lapang…:)

    5menit stress,marah atau kesal maka sistim imun kita bisa depresi selama 6jam…..(sereem euy..)

    Reply

Post a comment