Lebih Penting dari Rencana

Apa yang akan Anda lakukan besok? Tentu malam ini sudah Anda rencanakan. Kalau belum, paling tidak sudah Anda pikirkan. Rencana kita esok hari adalah miniatur masa depan. Tanpa rencana, kita tidak memiliki gambaran seperti apa kita menjalani esok hari. Namun ternyata, ada yang lebih penting dari rencana. Hal ini sering menjadi batu sandungan perjalanan karir kita, apakah itu?

Pikiran saya tercerahkan setelah membaca buku “Purple Cow” karya Seth Godin. Buku ini menceritakan tentang ilmu marketing terkini dan terdepan. Ada satu paragraf yang sampai sekarang selalu saya ingat.

Jika Anda mencari tips marketing dalam buku ini, mohon maaf saya tidak memilikinya. Jika Anda mencari cara cepat untuk memarketingkan produk Anda, mohon maaf Anda keliru membaca buku ini. Maaf, saya tidak punya rencana apapun yang bombastis. Karena menurut saya ada yang lebih penting dari sebuah rencana, itu adalah prosesnya. Bagaimana Anda kuat menjalani proses dari rencana Anda. Lalu bagaimana rencana memarketingkan sebuah produk? Sederhana, setelah Anda merencanakan, tantanglah diri Anda, target diri Anda hingga batas kemampuan Anda. Inilah kekuatan marketing sesungguhnya.

Paragraf ini begitu dalam masuk ke dalam diri saya. Dan secara otomatis, saya langsung membandingkannya dengan pengalaman. Sejujurnya, dulu slide presentasi bukanlah hal yang bombastis. Bukanlah hal yang istimewa. Apalagi di awal-awal saya mengenalkan Amazing Slide Presentation, pertentangan dari berbagai pihak muncul dimana-mana.

Andai dulu saya menyerah dengan rencana untuk tetap menyebarkan Amazing Slide Presentation, rencana hanya tinggal rencana. Saya tidak mungkin bisa membukukan Amazing Slide Presentation, mengisi workshop di berbagai perusahaan, hingga saat ini berada di negeri sakura dan belajar bersama Garr Reynolds.

Ya, rencana bukan yang utama, namun sejauh mana Anda berani menjalankan rencana dan menghadapi segala resiko yang ada. Inilah proses. Proses, lebih penting dari rencana. Bila Thomas A. Edison mengatakan sukses adalah 1% inspirasi dan 99% kerja keras, maka proses itulah kerja kerasnya.

Sehebat apapun rencana Anda, secanggih apapun planning Anda, tak akan jadi apapun jika tidak serius dan tekun menjalani prosesnya. Alhamdulillah, dengan proses yang panjang, kata “Amazing Slide Presentation” dan “pakar slide” sudah terindeks sebagai salah satu kata yang banyak dicari dari Indonesia. Sesuatu yang dulu tak diperhitungkan, sekarang menjadi bahan pembicaraan.

It’s about the process.

Salam Amazing.

Klik cover buku ini, like facebook page & dapatkan free e-booknya.

Free e-book karya #PakarSlide, like fanpage dengan klik gambar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ISI DULU YA * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.