BLOG

Lebih Banyaklah Mendengar

Tuhan menganugerahkan setiap indera pada manusia sebagai tools untuk memahami kehidupan. Dengan alat-alat tersebut, manusia mampu memahami dirinya, sekitar, alam semesta bahkan Tuhannya. Alat indera manusia juga berfungsi untuk menghantarkan manusia ke jalan kebenaran. Asal digunakan sesuai dengan nurani dan tuntunan Tuhan.

Telinga misalnya, sepasang benda kecil yang ada di kanan dan kiri kepala kita mampu menangkap suara yang hadir di sekitar manusia. Telinga manusia memiliki frekuensi yang khusus. Antara 20 Hz hingga 20.000 Hz. Berbeda dengan burung dara yang bisa mendengar suara di bawah 20 Hz, maupun kelelawar yang punya kemampuan mendengar suara di atas 20.000 Hz. Telinga manusia berjumlah sepasang, hal ini bertujuan supaya manusia mampu memperkirakan datangnya suara dan posisi asal suara tersebut. Andai telinga kita hanya satu, tentu manusia akan sangat kesulitan menentukan arah dan jarak suara yang datang.

Telinga manusia bisa mendengar berbagai hal, baik sesuatu yang disuka seperti musik, maupun hal yang kita benci seperti kemarahan seseorang. Namun bukan berarti kita harus selalu menerima sesuatu yang kita suka dan menutup telinga untuk sesuatu yang kita benci. Justru dengan lebih banyak mendengar sesuatu yang tidak kita suka, bisa jadi pikiran kita akan terbuka dan jiwa kita akan tercerahkan.

Nasihat dan kritik misalnya. Betapa banyak kasus protes di negeri ini berakhir dengan ricuh. Sebabnya satu, seseorang yang diprotes enggan untuk mendengar kritik. Seorang pelajar juga jeblok nilainya, karena malas mendengarkan ajakan guru. Dan seorang manusia bisa jatuh ke lembah dosa ketika tidak mau mendengar nasihat seorang ulama.

Kasih sayang juga bisa timbul ketika kita mau mendengar. Seorang Ayah akan mulai mencintai putranya yang belum lahir, ketika mendengar denyut jantung sang bayi. Seorang anak juga akan merasa tenang, saat mendengar kisah sebelum tidur yang disampaikan oleh sang Ibu. Suami yang letih akan kembali bersemangat disaat mendengar dukungan yang besar dari Istrinya. Aktivitas mendengar sungguh luar biasa.

Telinga dengan aktivitas mendengarnya adalah salah satu contoh bukti nyata luar biasanya dampak dari setiap alat indera. Asal digunakan sesuai naluri dan petunjuk Tuhan.

Jadi mulai sekarang, lebih banyaklah untuk mendengar.

Salam Amazing.

TAGS > , , , , , , , , , , ,

Post a comment