Langkah Image Memukau dalam Slide

Dari 22 batch workshop Amazing Slide yang telah saya jalani di dalam dan luar negeri, serta lebih dari 20 inhouse di perusahaan dan BUMN, saya dan tim Kreasi Presentasi terus melakukan evaluasi, pembenahan dan perbaikan. Di Jepang hal ini disebut dengan Kaizen atau continuous improvement. Salah satu hal yang saya pelajari adalah bagaimana langkah image memukau di dalam slide. Atau bagaimana menampilkan image yang memukau di dalam visual presentasi.

Artikel berikut akan menjelaskan bagaimana langkah image memukau dalam slide sehingga audiens tidak mudah bosan dalam menikmati presentasi Anda yang saya padukan dengan referensi dari Visage.co. Simak ya:

1- Gunakan background image dengan full screen.

Ada 2 macam image yang dipakai di dalam slide. Image pertama adalah background image, yaitu gambar yang dipakai sebagai latar belakang slide. Dan yang kedua adalah subject image, yaitu image yang digunakan untuk menjelaskan makna di dalam slide. Nah, jika yang And pakai adalah background image, maka jangan ragu untuk menjadikannya full screen di dalam layar slide. Full screen image akan menjadikan visualisasi slide Anda lebih memukau. Berikut adalah contoh full screen background image di dalam slide yang saya tampilkan pada workshop Amazing Slide di Nagoya.

2- Gunakan 1 image saja sebagai subyek.

Tipe image kedua adalah image sebagai subyek atau pelaku di dalam slide. Jika kita menggunakan image dengan tipe seperti ini, cukup pakai 1 image saja di dalam slide, namun pastikan ukurannya besar dan kualitas gambarnya bagus. Lebih dari 1 image bisa membuat distraksi atau lepas fokus dalam presentasi. Jika kita tidak menemukannya di internet, maka bisa kita potret sendiri menggunakan kamera dan editing image yang mumpuni. Berikut contoh slide dengan buah sebagai subyeknya.

3- Harmonikan image dengan font.

Hal ketiga di langkah image memukau dalam slide adalah mengharmonikan image dengan huruf atau font. Baik karakter image maupun warna image. Jika image bernuansa retro, maka lebih baik kita memakai font retro juga. Demikian pula dengan image bernuansa modern, maka pakailah font modern pula. Jika bingung membedakan jenis font tersebut, Anda bisa ikut workshop Amazing Slide. Berikut adalah contoh slide dengan nuansa retro, yang saya harmonikan warna dan font-nya.

4- Hati-hati dengan hak cipta.

Yang terakhir untuk langkah image memukau dalam slide adalah berhati-hati dalam memakai image dalam slide, mengingat tidak semua image bebas dipakai, namun ada image yang memiliki hak cipta, ada pula image yang boleh dipakai asal mencantumkan sumbernya. Nah berikut contoh penggunaan image dalam slide yang saya cantumkan sumbernya.

Itulah 4 tips langkah image memukau dalam slide presentasi, semoga bermanfaat untuk Anda. Oya, 6 & 7 Juni 2015 ini, saya akan berada di Jakarta untuk workshop Amazing Slide Presentation batch 23, mohon doanya untuk kelancaran acara tersebut.

Salam Amazing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ISI DULU YA * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.