BLOG

Laba-laba dan Usahanya

Banyak orang yang menganggap laba-laba adalah serangga, padahal bukan. Dalam Biologi serangga identik dengan 3 pasang kaki yang dimiliki. Sedangkan laba-laba memiliki empat pasang kaki.

Ada berbagai jenis laba-laba yang ada di alam. Meski beraneka ragam, mayoritas laba-laba bersifat predator. Memangsa hewan lain yang berukuran sama atau lebih kecil darinya. Laba-laba yang paling sering kita temui adalah laba-laba penenun.

Laba-laba penenun menggunakan perutnya untuk menghasilkan semacam perangkap benang yang dirajut seperti jaring. Benang tersebut sangat lentur, lengket dan sangat kuat. Cukup kuat untuk membuat lalat, maupun capung yang terbang terjerat dan tak mampu bergerak lagi.

Laba-laba penenun membuat perangkap di tempat-tempat strategis yang biasa dilewati oleh mangsa, misal di antara ranting pohon. Tak jarang angin yang berhembus, hujan yang turun, ataupun tingkah hewan dan manusia yang usil membuat sarangnya berantakan dan rusak.

Namun laba-laba tetap kembali merajut. Membangun lagi sarangnya apabila sudah tidak bisa lagi digunakan untuk menangkap mangsa. Laba-laba seakan tahu, rusaknya sarang memang adalah resiko yang harus dihadapi. Demi mendapatkan mangsa dan kelangsungan hidupnya.

Laba-laba memberi contoh yang luar biasa untuk kita. Pernahkah Anda sudah bekerja keras, sekuat tenaga, mencoba mencurahkan apa yang Anda bisa, namun ternyata apa yang Anda lakukan belum dihargai? Jika pernah, coba tengoklah laba-laba. Ketika hasil usahanya rusak, baik sengaja ataupun tidak, laba-laba tetap meneruskan merajut dan berkarya.

Pages: 1 2

TAGS > , , , , , , ,

Post a comment